Home / BANGKA BELITUNG / Kali Ketiga Pemkab Basel Terima Bantuan Hibah Kapal Banawa Nusantara dari Kemenhub RI

Kali Ketiga Pemkab Basel Terima Bantuan Hibah Kapal Banawa Nusantara dari Kemenhub RI


Oleh: Nopranda Putra

JAKARTA, LASPELA – Kapal pelayaran rakyat Banawa Nusantara 3 tak lama lagi akan berlabuh di pelabuhan Sadai, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung.

Kapal Banawa Nusantara 3 ini merupakan bantuan hibah dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesa.

Penandatanganan surat perjanjian dan berita acara serah terima bantuan hibah digelar di Redtop Hotel dan Convention Center, Jakarta Pusat, Selasa (14/7) yang diserahkan langsung oleh Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI R Agus H Purnomo kepada Penjabat (Pj) Sekda Basel Achmad Ansyori.

Pj Sekda Basel Achmad Ansyori mengatakan, unit kapal dengan kapasitas 35 GT dan mampu memuat 24 penumpang ini masih berada di Rembang.

“Kapal Banawa Nusantara 3 ini dapat memuat barang hingga 10 ton. Dan rencananya akan dioperasikan untuk pelayaran barang penumpang antar pulau di Basel,” kata Ansyori.

Dijelaskan dia, bantuan hibah kapal Banawa Nusantara 3 kali ketiga yang diterima Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan yakni pada tahun 2018 Kapal Banawa 1 dan 2019 Kapal Banawa 2 dan sekarang tahun 2020 Kapal Banawa 3.

“Alhamdulillah, untuk kali ketiga kita dapat bantuan hibah kapal lagi, Banawa Nusantara 3. Unitnya masih di galangan dan setelah ini kita tinggal menunggu serah terimanya. Satu-satu kabupaten di Babel yang menerima hanya Basel,” jelasnya.

Diungkapkan dia, segala fasilitas diatas kapal cukup mewah dan memadai dalam ketegori kapal penumpang dan angkut barang. Tak jauh beda dengan Kapal Banawa 2 yang tahun 2019 lalu.

“Cukup mewah kapal banawa 3 ini, sama seperti banawa 2. Untuk pengoperasiannya nanti masih akan kita bahas lagi, yang jelas untuk pelayaran barang dan orang antar pulau-pulau di Basel,” ujarnya. (Pra)

About nputralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: