Home / BANGKA BELITUNG / Kwarda Babel Tanam Sayur Organik Sebagai Antisipasi Ketahanan Pangan Paska Covid-19

Kwarda Babel Tanam Sayur Organik Sebagai Antisipasi Ketahanan Pangan Paska Covid-19

PANGKALPINANG, LASPELA – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel) Melati Erzaldi, menanam bibit tanaman organik di Halaman Kantor Sekretariat Kwarda Babel, Jumat (10/7/2020)

Bersama dengan para wakil ketua bidang, Kakwarda Melati terlihat menanam bibit tomat ke dalam polybag di antara berbagai jenis sayur organik yang ditanam oleh Anggota Pramuka Kwarda Babel, sebagai Program Demontration Plot (Demplot) sebagai wadah belajar bagi pramuka dengan memanfaatkan perkarangan, dalam rangka antisipasi ketahanan pangan paska Covid-19.

Ditemui usai penanaman sayur organik program demplot, Kakwarda Melati mengatakan, kegiatan ini merupakan program yang diprakarsai oleh Bidang Bina Muda Kwarda Babel dengan dibimbing oleh Dinas Pertanian Babel.

Program ini menurut Kakak Melati adalah proyek percontohan untuk memaksimalkan halaman rumah atau sekolah sebagai lahan tanam sayur organik menggunakan media polybag.

Diharapkan program deplot ini dapat dicontoh oleh seluruh kwartir cabang di Bangka Belitung dan masyarakat.

Dijelaskan juga tanaman yang ditanam di tempat itu tidak menggunakan pestisida atau cairan kimia lainnya, sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh. Tanaman ini juga tampak bewarna dan menarik sehingga dapat dijadikan juga sebagai tanaman hias.

“Menanam itu mudah dan indah, serta hasilnya selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh juga sebagai upaya mengantisipasi ketahanan pangan paska Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Seksi Penyuluhan Dinas Pertanian Babel, Irman Hasan, menjelaskan, tanaman yang ditanam di Sekretariat Kwarda Babel ini ada sekitar 10 jenis tanaman diantaranya bayam hijau, bayam merah, pakcoy, tomat, terong, dan tanaman lokal Bangka Belitung, caduk yang saat ini menjadi tren khususnya masyarakat Bangka Belitung karena kekhasan rasanya. Berbagai tanaman ini sebagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan masyarakat di saat situasi sekarang ini.

Ikut mendampingi Wakil Ketua Kwarda Babel, Zamhari, Zaidan, dan Irham serta anggota Pramuka Kwarda Babel.rill/(wa)

About winalaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: