Dinkes Bangka Gencar Lakukan Edukasi Ke Masyarakat Terkait Covid-19

SUNGAILIAT, LASPELA — Dalam upaya pencegahan Covid-19 di Kabupaten Bangka, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka melalui seksi Promosi Kesehatan (Promkes)  bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) dan tim Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Sinar Baru terus memberikan edukasi mengenai Covid-19 serta memantau berlangsungnya pembagian dana Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kelurahan Matras, Rabu (10/6/2020) lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti mengimbau agar seluruh masyarakat mengikuti protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

“Menaati peraturan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak minimal satu setengah meter itu salah satu upaya kita untuk mencegah tertularnya covid-19,” ungkap Then.

Menurutnya, mematuhi protokol kesehatan tidak harus menunggu wilayah kita terkena zona merah, saat ini masyarakat harus di tuntut membiasakan diri untuk menjaga kebersihan dan pola hidup sehat serta masyarakat harus membudidayakan protokol kesehatan saat ini.

Sementara itu, Arlis Danita, SKM, M.Biomed selaku Kasi Promkes Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka menyebutkan banyak warga yang sudah paham akan pentingnya menggunakan masker dan menjaga kebersihan diri.

“Kita bersama tim memantau dan memberikan edukasi mengenai Covid-19 kepada masyarakat yang hadir, kami merasa senang melihat sebagian masyarakat sudah memahami manfaat dari menggunakan masker, mengapa harus jaga jarak minimal satu setengah meter dan juga masyarakat sudah paham bagaimana mencuci tangan yang baik dan benar,” ungkap Arlis.

Arlis juga berharap masyarakat taat dan patuh menjalankan protokol kesehatan bukan karena takut ada petugas kesehatan tetapi memang pentingnya menjaga kesehatan dan pola hidup sehat. (mah)