Home / BANGKA BELITUNG / Peringatan Hari Lahir Pancasila, Batianus Ajak Masyarakat Bateng Bersatu dan Berperan Aktif Membangun Bateng

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Batianus Ajak Masyarakat Bateng Bersatu dan Berperan Aktif Membangun Bateng

KOBA, LASPELA– Memperingati Hari Lahir Pancasila, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Batianus, mengajak seluruh masyarakat Bateng untuk merenungkan kembali tujuan para pendiri bangsa, founding fathers melahirkan Pancasila sebagai ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yaitu untuk membangun dasar yang kuat bagi rumah besar nan majemuk yang bernama Indonesia.

“Sejarahnya, dulu kata Pancasila diperkenalkan oleh Ir Soekarno ketika Sidang BPUPKI di Gedung Chuo Sangi In, Jakarta, pada 1 Juni 1945. Itulah mengapa saat ini kita memperingatinya setiap tanggal 1 Juni,” kata Batianus, Senin (1/6/2020).

Melalui Peringatan hari lahir Pancasila, Batianus mengajak seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Bateng untuk memaknai dan membumikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Batianus juga mengajak seluruh masyarakat Bateng untuk bersatu dan berpartisipasi alam pembangunan Bateng ke arah yang lebih baik dengan skill dan kompetensi masing-masing.

“Pancasila telah 74 tahun menjadi ideologi kita dalam bernegara, tujuannya sebagai pemersatu, pelindung segenap rakyat Indonesia yang majemuk, yang beranekaragam, untuk mencapai satu tujuan yaitu kesejahteraan rakyat, maka mari kita bersatu dan berperan aktif dalam pembangunan di Bateng sesuai dengan kemampuan, peran, serta tanggungjawab kita masing-masing,” ungkap Batianus.

Tujuan pembangunan, khususnya pembangunan di daerah sejatinya untuk mensejahterakan kehidupan rakyat, oleh karenanya, Batianus berpendapat bahwa setiap kebijakan yang diambil pemerintah idealnya berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Pembangunan daerah dalam mencapai kesejahteraan masyarakat harus memprioritaskan pembangunan yang adil dan merata, tidak mendahulukan kepentingan golongan. Bateng dan NKRI adalah rumah besar kita bersama, kita harus menjaganya,” imbuh Batianus.(jon)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: