Home / BANGKA BELITUNG / Pantau Posko Lebaran, Mardani Ajak Relawan PMI Maksimalkan Pelayanan

Pantau Posko Lebaran, Mardani Ajak Relawan PMI Maksimalkan Pelayanan

Oleh : Wina Destika

MUNTOK, LASPELA – Ketua Palang Merah Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (PMI Babel), Abdul Fatah diwaliki Sekretaris PMI Babel, Mardani, memimpin pemantauan tiga Posko Pelayanan Lebaran Idul Fitri 1441 H yang melibatkan relawan PMI.

Sekretaris PMI Babel, Mardani bersama Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi serta seorang Relawan, memulai pemantauan pada Kamis (21/5/2020) di Pos PAM Lebaran di PAL 6, Desa Air Belo, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Di Pos PAM yang berada di pintu masuk Kota Muntok itu, PMI Bangka Barat menerjunkan sebanya 20 orang relawan untuk setiap harinya, dimulai tanggal 21 Mei hingga 27 Mei 2020 mendatang.

Hal itu diungkapkan Ketua PMI Bangka Barat, dr Hendra saat Tim PMI Babel mengunjungi Markas PMI Bangka Barat di Muntok, sebelum memantau Pos PAM Lebaran di PAL 6.

Di Pos PAM itu, lanjut dr Hendra, Relawan PMI Bangka Barat akan membantu pelayanan pertolongan pertama kepada masyarakat pemudik bersama tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Bangka Barat.

Selain Relawan PMI, didampingi Kepala Markas, Staf, dan Relawan Bangka Barat, dr Hendra menyebutkan, di Pos PAM tersebut, juga ada Tim Kesehatan Dinas Kesehatan, personel kepolisian, TNI, dan Dinas Perhubungan.

Ketua PMI Bangka Barat itu menyampaikan terima kasih kepada Sekretaris PMI Babel bersama tim, yang telah mengunjungi PMI Bangka Barat dalam rangka memantau persipan keterlibatan PMI Bangka Barat dalam Pos Lebaran Idul Fitri 1441 H.

Selesai dari Bangka Barat, Tim PMI Babel melanjutkan pemantauan Pos PAM yang juga melibatkan Relawan PMI di Kabupaten Bangka.

Kedatangan Tim PMI Babel ke Pos Pelayanan Lebaran 2020 Kabupaten Bangka, disambut Kepala Markas PMI Bangka, Irman Kurniadi.

Kepala Sekretaris PMI Babel Mardani yang memimpin pemantauan Pos Pelayanan Lebaran 2020, Irman mengatakan, untuk di Pos Pelayanan ini, PMI Bangka menerjunkan sebanyak 20 orang relawan yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan dan pertolongan pertama bagi pemudik.

Tidak sekadar pelayanan kesehatan dan pertolongan pertama di Pos Pelayanan Lebaran yang berlokasi dekat dengan Mall Puncak Sungailiat tersebut, dikatakan Irman, pihaknya juga setiap pagi terhitung 21-27 Mei 2020 memberikan pelayanan kesehatan keliling Kota Sungailiat, terutama di pusat-pusat keramaian orang seperti pasar atau pusat perbelanjaan.

Disamping itu, ditambahkan Irman, PMI Bangka tetap melaksanakan pencegahan Covid-19 seperti penyemprotan cairan disinfektan maupu promosi kesehatan. Hanya saja, kata dia, untuk penyemprotan disinfektan, PMI Bangka sementara ini melakukannya sesuai permintaan.

Pemantauan serupa di hari yang sama tak sampai disitu, Tim PMI Babel meneruskannya ke Pos Pelayanan Lebaran 2020 yang berada di Depan Ramayan Plaza Pangkalpinang, yang didalamnya turut melibatkan Relawan PMI.

Mardani disela-sela pemantauan Pos Pelayanan Lebaran, Mardani mengajak Relawan PMI untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Maksimalkan tugas pelayanan, terutama dalam rangka menyambut Idul Fitri 1441 H kali ini.Mari kita tunjukkan kepada masyarakat bahwa PMI itu ada untuk masyarakat,” ujar Mardani.

Jangan lupa, sambung Mardani, terus ajak masyarakat untuk tetap donor darah walaupun di tengah pandemi Covid-19.rill/(wa)

About winalaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: