Home / BANGKA BELITUNG / Bukan Isolasi Diri, Malah Gubernur Ini Lakukan Kunjungan Lagi

Bukan Isolasi Diri, Malah Gubernur Ini Lakukan Kunjungan Lagi

PANGKALPINANG, LASPELA- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman terpantau melakukan kunjungan ke pasar dan gudang bahan pokok di pulau Belitung, Rabu (8/4/2020).

Padahal Gubernur Erzaldi baru saja pulang dari Jakarta yang merupakan daerah paling banyak orang yang positif covid-19,  pada Senin (6/4/2020).

Dalam protokol kesehatan percepatan pencegahan penyebaran covid-19 RI setiap orang yang melakukan perjalanan dari wilayah terpapar virus covid-19 harus melakukan karantina mandiri selama 14 hari kedepan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran yang mungkin saja dibawa oleh orang yang melakukan perjalanan tersebut. 

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto  mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/202/2020 tentang Protokol Isolasi Diri Sendiri Dalam Penanganan Coronavirus Disease. Surat edaran yang ditujukan kepada pemimpin kementerian atau lembaga, gubernur, dan bupati/wali kota tersebut ditandatangani Senin kemarin (16/3).

Surat edaran itu meminta pemimpin kementerian atau lembaga dan kepala daerah untuk menginstruksikan seluruh jajaran organisasinya menerapkan protokol isolasi diri. Orang yang dianjurkan isolasi diri antara lain mereka yang demam atau batuk, atau pilek, atau mengalami gejala sakit pernafasan dan punya riwayat bepergian ke negara atau daerah penularan Covid-19. Atau berhubungan langsung dengan penderita Covid-19.

Orang yang menjalani isolasi diri, menurut protokol Kementerian Kesehatan, antara lain harus tinggal di rumah, tidak pergi bekerja dan ke ruang publik, menggunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lain, dan menjaga jarak setidaknya satu meter dari anggota keluarga lain. Selain itu mesti menggunakan masker, mengukur suhu tubuh secara berkala, menghindari pemakaian bersama alat makan dan mandi, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta berjemur di bawah sinar matahari di ruang terbuka.(*)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: