Home / BANGKA BELITUNG / Gubernur Babel Patroli dan Sosialisasi untuk Menekan Penyebaran Covid-19

Gubernur Babel Patroli dan Sosialisasi untuk Menekan Penyebaran Covid-19

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Gubernur Erzaldi Rosman melakukan patroli keliling Kota Pangkalpinang, Senin malam (23/03/2020) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang terdiri dari Kapolda, Danlanal, Danlanud Kepulauan Babel dan Dandim Pangkalpinang.

Patroli ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut bersama antara Gubernur Erzaldi Rosman, forkopimda, bupati dan wali kota se-Babel dalam rapat yang dilaksanakan di Kantor Polda Kepulauan Babel, sore tadi.

Dalam rapat, dibahas tentang pemerintah yang memfokuskan kembali antisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sekaligus terus menyosialisasikan kepada masyarakat atas instruksi yang dibuat Gubernur Erzaldi Rosman dan kepala daerah masing-masing untuk tetap berdiam diri di rumah.

Hal ini termasuk aktivitas malam di tempat hiburan malam, seperti di cafe dan pusat keramaian lain yang diinstruksikan melalui Surat Edaran pada 20 Maret 2020 lalu hanya berlangsung hingga pukul 20.00 dan kembali ke rumah.

Erzaldi mengatakan bahwa hal ini perlu dilakukan sebagai maksud untuk menghambat penyebarluasan virus yg semakin merajalela.

“Kita berharap jangan sampai daerah kita yang masih tergolong aman ini mencoreng daerah kita hanya karena disebabkan ketidakdisiplinan masyarakat terhadap instruksi pemerintah,” kata Erzaldi sesaat sebelum melakukan patroli.

Lebih lanjut dikatakan Erzaldi, selain patroli untuk ketertiban masyarakat, hal ini sekaligus menyosialisasikan tentang Social Distancing sesuai SOP yang telah dikenal dengan cara menjaga jarak sebagai upaya cegah Virus Corona ini.

“Kami akan ingatkan kembali bahwa antar manusia harus berjarak 1,5 sampai 2 meter, baik di cafe-cafe atau di tempat pertemuan yang hanya dilakukan jika sangat diperlukan,” ungkapnya.

Erzaldi tidak menyerah untuk mengingatkan dan menyarankan pada masyarakat untuk tidak berada di luar, terlebih yang bersifat keramaian.

Dalam sosialisasi malam ini, akan terus disampaikan dan dijelaskan kepada masyarakat sampai masyarakat terbiasa dengan kondisi yang diinstruksikan pemerintah dan diharap untuk mengurangi kegiatan yang ada di Kepulauan Babel.

“Salah satu cara kita untuk menekan penyebaran virus Covid-19 selain tidak keluar rumah dan dalam keramaian, juga dengan pola hidup sehat, makanan sehat, mencuci tangan, memproteksi orang-orang datang ke daerah kita melalui pintu-pintu masuk seperti bandara dan pelabuhan,” jelasnya menjelaskan apa saja yang akan disampaikan dalam patroli dan sosialisasi malam ini.

Dalam persiapan patroli, lokasi tujuan tidak ditentukan oleh Gubernur Erzaldi Rosman, hanya seputar Kota Pangkalpinang saja. “Tentunya untuk kabupaten lainnya, kami berharap masing-masing forkopimda juga melakukan hal yang sama,” tutupnya.rill/(wa)

About winalaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: