dr Yeni Ajak Masyarakat Cegah Penyebaran Kasus COVID-19

KOBA, LASPELA– Direktur RSUD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), dr Yeni Marlina, Sp.PD, mengajak masyarakat untuk terlibat dalam mencegah timbulnya Kasus Virus Corona atau disebut juga Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Yeni mengatakan bahwa masyarakat dapat mencegah timbulnya Kasus COVID-19 dengan kesadaran untuk mengurangi keramaian, meningkatkan daya tahan tubuh, makan makanan yang bergizi, serta mewajibkan cuci tangan menggunakan sabun.

“Pola hidup sehat, dengan germas, cuci tangan pakai sabun, terus etika batuk, saat batuk harus ditutup dengan masker atau siku tangan bagian dalam,   terus jangan menyentuh muka, mata, mulut, serta hidung, karena virus itu mudah sekali masuk ke mukosa hidung mata dan mulut,” kata Yeni, Selasa (17/3/2020).

Yeni juga mengajak masyarakat yang memiliki keluhan demam, batuk, pilek, sesak nafas, kondisi badan lemas, daya tahan tubuh lemah, badan terasa letih, dan tidak nafsu makan, untuk segera memeriksakan diri ke pusat pelayanan kesehatan.

“COVID-19 ini tingkat virulensinya tinggi, jadi apabila daya tahan tubuh kita bagus, bisa saja kita hanya batuk pilek biasa saja, karena virus itu yang bunuh adalah daya tahan tubuh kita, obat- obat luar hanya membantu mengurangi gejalanya saja,” jelas Yeni, Selasa (17/3/2020).

Yeni mengungkapkan bahwa cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun adalah dengan makan makanan yang bergizi, yaitu makanan berprotein tinggi seperti daging ayam, ikan, susu, kemudian makanan yang mengandung anti oksidan seperti buah- buahan dan sayuran, minum air yang cukup, istirahat yang cukup, serta olahraga.

“Saya berpesan untuk orang dalam pengawasan harus sadar kalau dia memang memiliki faktor resiko, misalnya dari luar, agar mengkarantina diri kalau sudah ada batu pilek, ataupun dia datang ke puskesmas,” pesan Yeni.(*)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: