Home / BANGKA BELITUNG / Panwaslucam Pongok Gelar Pendidikan Politik Pemilih Pemula

Panwaslucam Pongok Gelar Pendidikan Politik Pemilih Pemula


Oleh: Nopranda Putra

LEPARPONGOK, LASPELA – Panwascam Kepulauan Pongok gelar kegiatan pendidikan politik untuk hadapi Pilkada Bangka Selatan September mendatang, Jum’at (6/3).

Ketua Panwascam Kepulauan Pongok, Dimas menyebutkan sebagai pengawas pemilu sudah menjadi kewajiban bersama untuk menciptakan serta mencerdaskan seluruh pemilih dalam rangka mewujudkan pemilihan yang demokratis dan transparant.

“Kami menggelar kegiatan pendidikan politik kepada pemilih pemula sebagai upaya pencegahan dalam rangka pengawasan Pilkada dan sebagai salah satu bentuk pengawasan partisipatif,” sebutnya.

Selain itu, sambung dia pendidikan politik bagi pemilih pemula ini adalah sebagai edukasi bagi pemilih pemula untuk dapat dijadikan sebagai garda terdepan dalam pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 mendatang,” ujarnya.

Koordinator Divisi Pengawasan, Pencegahan Humas dan Hubal Bawaslu Bangka Selatan, Azhari mengatakan dalam menghadapi Pilkada 2020 akan melakukan berbagai upaya pencegahan sebagaimana yang telah dilakukan pada Pemilu tahun 2019 lalu.

“Bentuk upaya mencegah terjadinya pelanggaran Pemilukada yakni dengan memberikan bekal pendidikan politik kepada Panwascam guna terhindar dari pelanggaran,” katanya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bangka Selatan, Sahirin mengapresiasi kegiatan ini, ia menyebutkan bahwa pendidikan politik bagi pemilih pemula yang melibatkan ratusan pemilih pemula dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan dan menekan peluang angka kecurangan sejak ditahap awal Pilkada 2020.

“Dengan melibatkan pemilih pemula dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan dan menekan peluang angka kecurangan yang dapat mencederai proses demokrasi di Indonesia khususnya di Bangka Selatan sehingga upaya ini dapat secara nyata berkontribusi dalam pembangunan demokrasi,” tandasnya. (Pra)

About nputralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: