Calon Jamaah Haji di Kabupaten Bangka Ikuti Pembekalan

SUNGAILIAT, LASPELA — Sebanyak 107 calon jemaah haji yang ada di wilayah Kabupaten Bangka mengikuti bimbingan ibadah haji di Masjid Agung Sungailiat, Kamis (27/2/2020).

Kepala Kemenag Bangka, Syaipul Zohri mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada calon jamaah haji dari sisi agama.

“Jadi mereka ini dibekali ilmu dalam bidang agamanya, selanjutnya akan diberikan juga mengenai fiqih haji yakni tentang bagaimana tatacara Ikhram, tawaf, wukuf di Padang Arafah, Mabit di Musdalifah dan Mina, Sya’i dan lain-lainya,” ungkapnya.

Lalu, kata Syaipul, yang tak kalah penting dalam pembekalan tersebut adalah menyangkut masalah akhlak.

“Ini juga penting karena akhlak ini harus dibangun, nah disini kita ajarkan bagaimana mengatur akhlak berkawan, ahlak dengan rombongan ataupun kloternya. Kalau di sana para jamaah ini tidak kompak tidak saling membantu, misal ada jamaah yang kesasar siapa yang akan membantu, untuk itu ahlak berkawan juga sangat penting untuk di ajarkan,” tambahnya.

Tak hanya itu, dalam kegiatan tersebut juga diajarkan mengenai tatacara sholat dan tayamum di dalam pesawat.

Syaipul juga mengatakan bahwa Kegiatan bimbingan ibadah haji tersebut akan dilaksanakan selama 15 kali pertemuan dan setiap pertemuan berdurasi hingga tiga jam.

“Setelah semua teori sudah di sampaikan maka pertemuan yang terakhir nanti adalah praktek yang akan dilakukan di Islamic Center Sungailiat,” pungkasnya.(mah)