Home / BANGKA BELITUNG / Pentingnya Update Data Sensus Penduduk Bagi Kepolisian

Pentingnya Update Data Sensus Penduduk Bagi Kepolisian

Oleh: Nopraanda Putra

TOBOALI, LASPELA – Sensus Penduduk tahun 2020 yang akan dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) akan menjadi hal yang penting guna mengatasi kesimpangsiuran data, sebagai penentu dalam perencanaan berbagai kebijakan pemerintah ke depannya. Kesimpangsiuran data bisa mengakibatkan kebijakan tidak berjalan optimal.

Adapun tujuan dari sensus kependudukan yakni dapat menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia, baik secara de facto maupun de jure.

Kapolres Bangka Selatan AKBP Ferdinand Suwarji menjelaskan pentingnya pengkinian sensus kependudukan bagi kepolisian, yakni pada saat terjadi kecelakaan lalu lintas (lakalantas), setelah pihak kepolisian melihat identitas korban lakalantas, anggota kepolisian masih kesulitan menghubungi keluarga korban, karena si korban telah pindah alamat, sedangkan kartu indentitas masih alamat lama.

“Ambil contoh sederhana telah terjadi kecelakaan dengan kondisi korban tidak normal atau darurat, setelah melihat kartu identitas si korban, pihak kepolisian masih kesulitan menghubungi keluarga korban karena si korban telah pindah alamat, kartu identitas masih alamat lama dan para tetangga juga tidak ada yang tahu si korban sudah pindah kemana, akhirnya pihak kelurahan sampai turun tangan untuk bisa melacak keberadaan keluarga si korban,” jelas Kapolres, Kamis (27/2).

Untuk itu, Kapolres mengajak masyarakat untuk ikut partisipasi dalam mensukseskan sensus penduduk tahun 2020 di kabupaten Bangka Selatan.

” Marilah kita semua mencatatkan identitas kita melalui sensus penduduk secara online untuk ikut dalam mensukseskan program nasional yang di kelola oleh BPS,” katanya.

Ia juga meminta masyarakat Bangka Selatan untuk dapat memperbarui data sensus kependudukan secara online update data kependudukan secara online di sensus.bps.go.id.

“Sukseskan sensus Kependudukan tahun 2020 di Bangka Selatan update data kependudukan anda secara online melalui situs sensus.bps.go.id Mencatat Indonesia dan terima kedatangan petugas pada bulan juli 2020 mendatang,” tandasnya. (Pra)

About nputralaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: