Home / BANGKA BELITUNG / Pemkab Bangka Percepat Penyaluran Dana Desa

Pemkab Bangka Percepat Penyaluran Dana Desa

SUNGAILIAT, LASPELA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka berupaya dalam percepatan penyaluran dana desa ke seluruh desa di Kabupaten Bangka.

Hal tersebut bertujuan agar semua program-program desa yang telah dirancang dapat cepat untuk direalisasi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka, Tony Marza menyampaikan dalam jangka waktu dekat dana desa akan diserahkan kepada masing-masing desa. Hal tersebut diungkapkannya saat pelaksanaan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) terkait penyaluran dana desa, di ruang OR Bangka Setara, Kamis (27/2/2020).

“Akhir Bulan ini seluruh dana desa tahap satu sudah mengalir ke desa-desa, dan rakornis ini merupakan upaya kita untuk mempercepat hal tersebut,” ungkap Tony.

Untuk penyaluran dana desa, disampaikan Tony, akan dilakukan sebanyak tiga tahapan. Besaran alokasi pada tahapan pertama dan kedua sebesar 40 persen, sedangkangkan untuk tahap ketiga sebesar 20 persen.

“Dana yang dikirimkan ke tiap desa nantinya akan di transfer langsung ke rekening desa, sehingga tidak lagi mampir ke bendahara daerah,” ujarnya.

Terkait besaran jumlah nominal yang didapatkan masing-masing desa akan berbeda. Hal tersebut bergantung dengan beban kerja dan wilayah dari masing-masing desa tersebut.

“Untuk jumlah, tiap desa mendapatkan kisaran dana rata-rata 1 milayar. Tinggal nantinya dibagi sesuai dengan tahapan masing-masing,” tuturnya.

Dari 62 desa yang ada di Kabupaten Bangka, selurunya akan mendapatkan alokasi dana tersebut. Sedangkan untuk pertanggung jawaban nantinya telah dipermudah dengan disediakannya sistem pelaporan secara online dan untuk fisiknya akan dilakukan secara monitoring evaluasi.(mah)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: