Home / BANGKA BELITUNG / DKUP Berharap KUD Mariayu Kembangkan Peluang Usaha

DKUP Berharap KUD Mariayu Kembangkan Peluang Usaha

BANGKA BARAT, LASPELA- Bertepatan dengan 33 tahun berdirinya Koperasi Unit Desa (KUD) Mariayu Kelapa melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2019 di Gedung Serbaguna Kecamatan Kelapa, Kamis (27/2/2020).

A’ad Tirta Fujaka selaku Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi UKM dan perindustrian (DKUP) Kabupaten Bangka Barat mengatakan dalam sambutannya bahwa RAT merupakan salah satu kewajiban Koperasi yang setiap akhir tahun harus dilaksanakan karena merupakan kewajiban pengurus untuk melaporkan kegiatannya dalam setahun kepada anggotanya.

” Saya sangat mengapresiasi setiap kegiatan RAT karena itu selain kewajiban setiap Koperasi juga merupakan salah satu sarana untuk melakukan konsolidasi baik pengurus maupun anggota Koperasi, pertanggung jawaban pengurus Koperasi dalam pelaksanaan kegiatan maupun pengelolaan keuangan, juga evaluasi kinerja Koperasi untuk tahun kedepan agar dapat lebih baik lagi,” ujar A’ad.

Koperasi juga diharapkan A’ad dapat mandiri, tidak selalu bergantung dengan bantuan dari Pemerintah, bersama-sama memberdayakan peluang yang ada dan mengembangkannya menjadi bernilai ekonomis.

” Jangan hanya melakukan usaha warisan masa lalu, kalau usaha-usaha yang dulu masih di support Pemerintah seperti pupuk subsidi, Minyak tanah, itu suatu saat bisa hilang. Dan jangan terlalu mengharapkan modal penyertaan anggota saja. Kalau anggota mengambil simpanannya. Maka akan berkuranglah modal koperasi, makanya dalam usia yang 33 tahun KUD Mariayu harus lebih giat mencari peluang usaha baru,” harap A’ad.

Ia juga berpesan kepada pengurus koperasi untuk tetap bersinergi, baik dengan anggota maupun kepada Dinas terkait, terutama terkait kendala yang dialami koperasi maupun sharing informasi.(is)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: