Home / BANGKA BELITUNG / Polres Bateng Tanam Mangrove dan Bersih- Bersih Pantai Amir

Polres Bateng Tanam Mangrove dan Bersih- Bersih Pantai Amir

Oleh: Jon Piter Wartawan Laspela

KOBA, LASPELA– Polres Bangka Tengah (Bateng) bersama Forkopimda Bateng menyelenggarakan kegiatan penanaman mangrove dan bersih- bersih pantai, kegiatan ini mengambil tema Polri Peduli Penghijauan Pantai, Penguatan Ekonomi Masyarakat Pesisir, dan Hari Peduli Sampah Nasional 2020, kegiatan berlangsung di Pantai Amir, Kecamatan Koba.

Kegiatan diawali oleh apel yang dipimpin langsung oleh Kapolres Bateng, AKBP Slamet Ady Purnomo. Dalam arahannya, AKBP Slamet menyampaikan bahwa mangrove merupakan satu diantara ekosistem esensial di dunia, dikarenakan mangrove dapat mendukung sektor perikanan, mengurangi erosi pantai, dan menjaga kualitas air pesisir.

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa penanaman pohon dapat megurangi dampak pemanasan global dengan kemampuan pohon menyerap emisi karbon,” kata Slamet, Jumat (21/2/2020).

Menurut Slamet, ekosistem mangrove wajib dikelola dan digunakan secara bijak dan berkelanjutan karena rusaknya mangrove dapat berdampak besar bagi ekosistem.

Setelah apel, AKBP Slamet dan para peserta lainnya langsung bergegas mengambil beberapa peralatan kebersihan seperti sapu, cakar, dan karung sampah untuk kemudian mulai membersihkan wilayah Pantai Amir. Sambil bersih- bersih, sebagian peserta juga melakukan penanaman Mangrove bersama Kapolres dengan jumlah 3 batang per lubang tanam.(*)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: