Home / BANGKA BELITUNG / Peringati HPSN, Pemkab Bangka Bersih-bersih Pantai Matras

Peringati HPSN, Pemkab Bangka Bersih-bersih Pantai Matras

SUNGAILIAT, LASPELA — Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) melakukan aksi bersih-bersih di sepanjang tepian Pantai Matras, Jum’at (21/2/2020).

Kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai unsur forkopimda, para relawan serta aktivis lingkungan lainnya.

Selain melakukan aksi bersih pantai, dalam rangkaian kegiatan tersebut juga dilakukan bersih-bersih Hutan Kota Sungailiat, perlombaan yang berkaitan dengan lingkungan serta pemberian penghargaan bagi peduli lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka sekaligus penanggungjawab kegiatan, Meina Lina menyampaikan rangkaian kegiatan tersebut telah dimulai sejak 14 Februari kemarin dan akan berlangsung hingga 28 Februari mendatang. Sehingga diharapkan partisipasi dari seluruh elemen dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

“Kegiatan bersih pantai ini merupakan salah satu dari berbagai rangkaian kegiatan yang akan dilakasanakan dalam peringatan HPSN tahun 2020 ini. Sedangkan untuk penghargaan bagi peduli lingkungan nantinya akan diberikan saat apel senin pagi bersama,” ungkap Meina.

Aksi bersih sampah yang dilaksanakan Pemkab Bangka juga sejalan dengan program Pemerintah Pusat dalam menanggulangi sampah nasional. Dimana pada tahun 2025 mendatang, Nasional akan menargetkan pengurangan sampah sebanyak 70 persen.

Wakil Bupati Bangka, Syahbudin juga mengungkapkan bahwa sejauh ini Pemerintah Kabupaten Bangka telah berupaya menanggulangi sampah mulai dari hulu hingga hilir, melalui program kebijakan dan rencana strategi pemerintah daerah diyakini mampu mewujudkan hal tersebut.

“Kita memulainya dengan suatu hal yang kecil terlebih dahulu, mulai dari meningkatkan kesadaran masyarakat akan penanganan sampah mulai dari rumah masing masing. Selain itu kita mengajak para pelaku usaha dalam pengurangan sampah pelastik,” ujar Syahbudin. (mah)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: