Home / BANGKA BELITUNG / Forkopimda Tanam 1500 Pohon Mangrove Menahan Abrasi Pantai

Forkopimda Tanam 1500 Pohon Mangrove Menahan Abrasi Pantai

BANGKA BARAT, LASPELA- Sebagai bentuk kepedulian terhadap kawasan pesisir pantai, jajaran Polres Bangka Barat bersama unsur Forkompinda melaksanakan penanaman pohon mangrove sebanyak 1500 batang yang bertempat di kawasan pesisir pantai Iklim, Kampung Teluk rubiah Kecamatan Muntok, kabupaten Bangka Barat, Jum’at (21/2/2020)

Kapolres Bangka Barat AKBP Dr. Muhammad Adenan A.S, S.H. S.IK, MH usai menanam pohon mangrove bersama dengan unsur Forkompinda lainnya, mengatakan, penanaman mangrove ini salah satunya untuk mengatasi abrasi, kekeringan dan pemanasan global di pesisir pantai.

” Maka dari itu, perlu komitmen bersama untuk melakukan penghijauan agar dapat mengatasi abrasi pantai. Dengan Upaya yang dilakukan yakni dengan menanam dan pemeliharaan pohon. “Dengan demikian, penanaman pohon perlu kita lakukan,” jelas Kapolres di depan tamu undangan yang hadir

Menurut Kapolres Bangka Barat, dengan kegiatan ini akan bermanfaat untuk anak cucu kita nanti, Selain itu pohon juga bermanfaat ganda bagi manusia dan lingkungan yaitu mengatur tata air dan menyuburkan tanah.

“Akar mangrove yang kokoh ini mampu menahan abrasi dan tempat berkembangnya habitat hewan air seperti ikan, kepiting, udang, kerang dan habitat lainnya. Dengan demikian sudah barang tentu dapat meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat di kawasan pesisir,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kapolres mengemukakan bahwa kegiatan penghijauan ini bukanlah untuk kali ini saja, bahkan bisa berkelanjutan. Untuk seribuan lebih pohon mangrove yang sudah tertanam akan terus dipantau perkembangannya.

“Nanti akan dicek lagi pohon pohon yang baru di tanam yang miring, pohonnya, akan di luruskan. Untuk itu, saya mengajak semua pihak mari sama-sama kita lestarikan lingkungan kita dengan melakukan penghijauan,” ajaknya.

Di saat yang sama, Sukandi selaku Camat Muntok mengaku menyambut baik dan mengapresiasi program yang dimotori oleh Kapolres Bangka Barat tersebut.

“Saya sangat mengapresiasikan kegiatan penghijauan yang dilaksanakan Polres Bangka Barat yang dapat mengupayakan pelestarian hutan mangrove di wilayah Muntok, semoga upaya tersebut membawa dampak yang baik sehingga mangrove tumbuh dan regenerasi kembali.” ungkapnya.(is)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: