Home / BANGKA BELITUNG / Miris, PAD Pajak Sarang Walet di Basel Cuma Sumbang Rp58 Juta

Miris, PAD Pajak Sarang Walet di Basel Cuma Sumbang Rp58 Juta

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Kontribusi pajak dari sarang burung walet untuk PAD yang diterima Pemkab Basel pada tahun 2019 hanya sebesar Rp58 juta. Kendati demikian, angka PAD tersebut naik dibanding tahun 2018 yang hanya sebesar Rp49 juta.

Mirisnya, kontribusi tersebut masih terbilang kecil dengan banyaknya jumlah gedung sarang burung walet yang tersebar di Basel. Sehingga hal ini sempat dipertanyakan oleh DPRD Basel.

Dari data terbaru, saat ini jumlah gedung sarang burung walet yang ada di Basel sekitar 148. Dengan rincian 34 yang menghasilkan dan 114 gedung yang belum menghasilkan.

“Setiap di dewan selalu ditanya kita walet sebanyak ini tapi PAD cuma sedikit ke pemda. Ketika saya turun ke lapangan, memang agak sulit,” kata Kabid Penerimaan Daerah Bakuda Basel Susanti, Kamis (20/2).

Ia menyebutkan kesulitan di dalam meningkatkan pendapatan pajak dari walet karena mereka tidak memiliki siapa pembelinya. Karena kebanyakan dari luar daerah Basel.

“Kita tanya ke mereka, pembelinya siapa, banyak katanya, tergantung penjualan dan pembeli termahal. Bisa dari Toboali, Kota Pangkalpinang ataupun Jakarta. Pengepul yang datang ke sana,” sebutnya.

Menurutnya, terkecuali kalau mereka jual ke pengepul yang ada di Toboali akan mudah untuk mengetahui siapa para penjual sehingga para pemilik walet tidak bisa menghindar.

“Jadi kalau kita tanya pak gedung ini sudah menghasilkan belum, bisa saja mereka bilang belum. Tapi kenyataannya sudah, jadi itu sedikit kesulitan kita,” ujarnya. (Pra)

About nputralaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: