Home / BANGKA BELITUNG / Bupati Ibnu Panen Bawang Merah di Poktan Tumbuh Berhasil

Bupati Ibnu Panen Bawang Merah di Poktan Tumbuh Berhasil

Oleh: Jon Piter Wartawan Laspela

KOBA, LASPELA- Bupati Bangka Tengah (Bateng), H Ibnu Saleh, hadiri kegiatan Panen Bawang Merah dana APBD Bateng Tahun Anggaran 2019 bertempat di Kelompok Tani (Poktan) Tumbuh Berhasil, Kelurahan Simpangperlang, Kecamatan Koba.

Dalam kegiatan ini Bupati didampingi Kadis Pertanian dan perternakan, kadis Pangan, perwakilan dinas Bapeda, Kelompok Tani Tumbuh Berhasil, PAUD Arayisyah dan PAUD Kemuning, serta warga Simpangperlang.

Dalam sambutannya, Bupati Ibnu mengatakan bahwa pada tahun 2019, pengembangan tanaman Bawang Merah di Bateng seluas 14 hektar (Ha), terdiri dari 12 Ha melalui dana APBN yang diterima oleh 20 Gapoktan / poktan, dan alokasi dana APBD Bateng Tahun Anggaran 2019 seluas 2 Ha diterima oleh 3 poktan, salah satunya adalah Poktan Tumbuh Berhasil.

“Melaui Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 472/Kpts/RC.040/6/2018 tentang Lokasi Pertanian Nasional, Bateng kembali ditetapkan sebagai kawasan Cabai Merah dan Bawang Merah Nasional,” ungkap Ibnu, Rabu (19/2/2020).

Ibnu menambahkan bahwa Bawang Merah merupakan salah satu Komoditas Hortikultura yang mempunyai nilai ekonomis tinggi, yang dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat dan petani, baik berskala kecil, menengah, dan besar.

“Komoditas Bawang Merah di Bateng termasuk komoditas strategis disamping Cabai Merah karena harga jual cukup tinggi, harga jual Bawang Merah terendah di tingkat petani yaitu Rp. 25.000, dan harga jual tertinggi yaitu Rp. 50.000,” jelas Ibnu.

Bupati Ibnu juga menyampaikan kepada PAUD yang hadir bahwa kegiatan ini sebagai cara pengenalan produk pertanian sejak dini kepada anak- anak, salah satunya Bawang Merah, mulai dari bagaimana tumbuh kembang dari umbi hingga menjadi tanaman Bawang Merah dewasa siap panen, serta proses pemanenannya.

Ibnu Saleh juga turut memberikan pertanyaan dan memberikan hadiah kepada anak- anak PAUD, dengan penuh keceriaan anak- anak berlomba untuk menjawab pertanyaan bupati.(*)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: