Home / BANGKA BELITUNG / DPMPTK Bateng Gelar Pelatihan Kewirausahaan

DPMPTK Bateng Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Oleh: Jon Piter Wartawan Laspela

KOBA, LASPELA- Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTK) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan bagi pencari kerja di Gedung Diklat Pemkab Bateng.

Dalam sambutannya, Bupati Bateng, Ibnu Saleh, mengatakan bahwa tantangan utama pembangunan di Bateng adalah percepatan pertumbuhan ekonomi dan mengatasi pengangguran.

“Pilihan menjadi wirausaha sesungguhnya menjadi salah satu alternatif yang menjanjikan untuk masa depan,” kata Ibnu, Selasa (18/2/2020).

Ibnu mengungkapkan bahwa berdasarkan data dari Pelayanan Kegiatan Bursa Kerja Online pada DPMPTK Bateng tahun 2019, jumlah pencari kerja tercatat sebanyak 318 orang dan yang berhasil ditempatkan adalah sebanyak 106 orang, atau sebesar 33,34%.

“Dari data tersebut menggambarkan bahwa masih banyak pencari kerja di Bateng yang membutuhkan lapangan pekerjaan,” ungkap Ibnu.

Bupati Ibnu berharap kegiatan ini dapat memunculkan wirausaha baru yang mampu menciptakan peluang- peluang kerja yang baru, menghasilkan jasa yang inovatif dan kreatif yang memiliki nilai ekonomis serta mampu memberdayakan potensi lokal, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Ikutilah pelatihan ini dengan sebaik- baiknya, yakin dan percayalah bahwa banyak sekali ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kita sendiri maupun orang lain di kemudian hari,” pesan Ibnu.

Kepala DPMPTK Bateng, Hj. Kartina, menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan akan dilaksanakan selama 3 hari, dan diikuti oleh 40 orang dari perwakilan kecamatan se Bateng terdiri atas 20 orang jurusan Tata Kecantikan Rambut, dan 20 orang untuk jurusan Kue Modern.

“Tujuan dari kegiatan ini diantaranya untuk menanggulangi pengangguran, mendorong pencari kerja untuk membuka kesempatan kerja, serta menciptakan lapangan kerja sehingga tumbuhnya wirausaha- wirausaha baru di Bateng,” ujar Kartina.(*)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: