Home / BANGKA BELITUNG / Senat UBB Tetapkan Tiga Calon Rektor

Senat UBB Tetapkan Tiga Calon Rektor

Oleh : Wina Destika

MERAWANG, LASPELA – Hasil penyaringan Pemilihan Rektor UBB periode tahun 2020-2024, Panitia Pilrek menetapkan tiga calon rektor berdasarkan perolehan suara hasil voting anggota senat UBB, yang berlangsung di ruang rapat Senat, Gedung Rektorat, Kampus Terpadu UBB, Senin (10/2/2020) sore.

Terkait pengumuman hasil penyaringan calon Rektor, Senat UBB mengadakan konferensi pers dengan mengundang sejumlah media yang ada di Bangka Belitung.

Berdasarkan hasil pemilihan tersebut, Ketua Senat UBB Eva Prasetiyono membacakan hasil proses pemilihan para anggota senat telah menetapkan 3 nama calon Rektor UBB yang akan bersaing menuju kursi Rektor UBB periode tahun 2020-2024.

Mereka adalah Dr. Drs Ibrahim, S.Fil., M.Si., Prof. Dr. Drs. Kiagus Muhammad Sobri, S.H., M.Si., dan Dr. Drs. Sucipto, M.T., IPM.

“Yang memperoleh suara terbanyak, saya kira ini cukup telak suaranya yaitu, Dr. Dr. Ibrahim, S.Fil., M.Si., yang merupan dosen di UBB dengan prolehan suara sebanyak 14 suara, kemudian yang kedua Prof. Dr. Drs. Kiagus Muhammad Sobri, S.H., M.Si., dari UNSRI dengan prolehan suara sebanyak 4 suara, kemudian yang terakhir (ketiga) adalah Dr. Drs. Sucipto, M.T., IPM., dengan prolehan suara sebanyak 3 suara,” terang Eva.
Sebelumnya, 5 kandidat calon rektor UBB telah melalui proses penyaringan ditahapan penyampaian visi misi dan program kerja dari pagi hingga siang dihari yang sama.

Kemudian dilanjutkan dengan proses pemilihan oleh anggota Senat UBB yang dilakukan secara tertutup.
Penyampaian presentasi bakal calon diawali dengan pengundian nomor urut para kandidat.

Nomor urut pertama penyampaian presentasi visi misi dan program kerja adalah Dr. Dr. Ibrahim, S.Fil., M.Si., dilanjutkan nomor urut dua Dr. Drs. Sucipto, M.T., IPM., nomor urut tiga Dr. Iskandar, S.Ag., M.Hum., nomor urut empat Dr. Hadarah, M.Ag., dan nomor urut lima Prof. Dr. Drs. Kiagus Muhammad Sobri, S.H., M.Si. Dimana masing-masing balon diberikan waktu selama 20 menit untuk presentasi, dan 15 menit untuk sesi tanya jawab.

Ketua Panitia Pilrek UBB, Wahri Sunanda menerangkan bahwa selama proses penyampaian presentasi berjalan lancar dan semua balon menyampaikan presentasinya sangat lugas dihadapan para anggota senat, dosen, pegawai, perwakilan mahasiswa dan IKA UBB, serta tamu undangan yang hadir.

“Proses sangat berjalan dinamis dan lancar, dan semua bakal calon menyampaikan dengan sangat lugas terkait program yang akan dikerjakan, ketika terpilih menjadi rektor UBB kedepan,” tutur Wahri.

Terkait 3 calon rektor yang terpilih, Ketua Senat UBB Eva Prasetiyono akan segera diserahkan kepada Kemendikbud, untuk nantinya akan dilakukan tahap pemilihan Rektor UBB. Nantinya ketiga calon Rektor tersebut akan dipilih kembali oleh anggota senat UBB dan ditambah suara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Lebih lanjut Ia menerangkan, berdasarkan koordinasi Senat UBB dengan pihak Kementerian sebelum dilakukan pencoblosan pemilihan rektor dari 3 menjadi 1 yang terpilih sebagai rektor UBB, ketiga calon tersebut akan dipanggil menghadap Menteri untuk dilakukan wawancara secara langsung.

“Nanti akan diwawancarai berkenaan dengan masalah visi misi dan program kerja terkait pandangan jauh kedepan terhadap dunia kampus itu seperti apa. Nah itu jadi salah satu referensi bagi Menteri disamping hasil penyaringan ini,” ungkapnya.

Diakhir wawancaranya, Ketua Panitia Pilrek dan Ketua Senat UBB berharap proses ini lancar sampai tahap akhir, dan mendapat rektor yang terbaik pilihan kita bersama, agar UBB lebih baik dan maju kedepannya.(wa)

About winalaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: