Home / BANGKA BELITUNG / Pergasi Bateng Gelar Turnamen Gasing di Desa Puput

Pergasi Bateng Gelar Turnamen Gasing di Desa Puput

Oleh: Jon Piter Wartawan Laspela

SIMPANGKATIS, LASPELA– Persatuan Gasing Seluruh Indonesia (Pergasi) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), akan menyelenggarakan Turnamen Gasing Piala Bupati Bateng di Stadion Ngensanak Bergasing Desa Puput Kecamatan Simpang Katis pada hari Selasa (11/2/2020).

Ketua panitia Turnamen Gasing Piala Bupati Bateng, Zakaria, mengatakan bahwa kompetisi yang diselenggarakan sebagai bentuk pelestarian permainan tradisional ini akan terbagi menjadi dua kategori, yaitu cabang standar perorangan, dan cabang standar uri, dengan total hadiah sebesar Rp 18 juta.

“Di Desa Puput sudah dibangun stadion khusus gasing dengan standar nasional,” ujar Zakaria, Senin (10/2/2020).

Zakaria mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan turnamen pertama yang diselenggarakan se- Provinsi Babel oleh Pergasi Bateng, dan rencananya kegiatan ini akan diadakan setiap tahun.

Sekretaris Turnamen Gasing Piala Bupati Bateng, Uden, mengatakan bahwa animo masyarakat Babel untuk mengikuti perlombaan gasing ini terbilang sangat baik, bahkan ada peserta yang berasal dari Pulau Belitung, Uden mengungkapkan bahwa kegiatan ini terselenggara atas dukungan dari pihak Kecamatan Simpang Katis dan Pemkab Bateng.

“Target kita 250 peserta, yang sudah menghubungi untuk mengikuti perlombaan sudah sekitar 200 orang, malam ini terakhir pendaftaran sekaligus technical meeting, barulah bisa kita pastikan jumlah peserta yang ikut,” pungkas Uden.(*)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: