Home / BANGKA BELITUNG / Basel Tuan Rumah Rakor Pemprov Babel dan Pemkab se Babel

Basel Tuan Rumah Rakor Pemprov Babel dan Pemkab se Babel

Oleh: Nopranda Putra
*Sembilan Item Jadi Pembahasan pada Rakor Akbar ini

TOBOALI, LASPELA — Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rapat Koordinasi Organisasi Perangkat Daerah antara Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dengan seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se Bangka Belitung di Gedung Serbaguna Pemkab Bangka Selatan, Selasa (21/01).

Enam kabupaten dan satu kotamadya mengirimkan utusan pada rakor ini, yang hadiri Gubernur Bangka Belitung diwakili Pj Sekda Yulizar Adnan beserta kepala OPD Provinsi Bangka Belitung serta perwakilan OPD seluruh Pemkab se Babel yakni membahas sembilan item dalam percepatan pembangunan di setiap Kabupaten se Babel.

Adapun sembilan pembahasan yang dibahas diantaranya, penambahan jaringan telekomunikasi sampai ke desa desa yang akan disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Provinsi Babel dan GM PT Telkomsel Provinsi Babel.

Kepala Dinas Perhubungan, Dinas ESDM, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Babel akan bergantian membahas pengembangan infrastuktur jalan dan pengerukan alur muara sungai serta pajak penerangan jalan.

Percepatan penetapan kawasan TPA regional dan Aksesibilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui penguatan tata kelola database UMKM di Provinsi Babel menjadi pembahasan ketiga dan keempat yang akan disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Babel.

Pembahasan kelima dan keenam yang dibahas ialah Optimalisasi pemanfaatan lahan sawah tidur dan penyempurnaan saluran irigasi yang disampaikan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Babel dan Peningkatan penyelengaraan even pariwisata skala nasional dan internasional yang akan disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Babel.

Reformasi pelayanan kesehatan dan pencapaian SPM di bidang kesehatan dan perumusan kebijakan perencanaan dan penganggaran yang responsif gender guna mewujudkan keadilan gender dan komitmen jaminan pemenuhan hak dan perlindungan anak yang menjadi bahasan ketujuh dan delapan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala DP3ACSKB Pemprov Babel.

Sedangkan yang menjadi pembahasan kesembilan yakni penguatan peran Bumdes dalam meningkatkan ekonomi desa yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Babel.

Pj Sekda Provinsi Babel, Yulizar Adnan mengatakan, sembilan pembahasan ini akan dirumuskan untuk dibawa pada rapat koordinasi gubernur mendatang.

“Sembilan bahasan ini sebelumnya telah ditetapkan menjadi perihal yang dibahas pada Rakor Teknis OPD pada tahun ini,” katanya.

Sementara itu Bupati Basel, Drs H Justiar Noer menambahakan rakor akbar ini berharap sembilan bahasan ini akan menghasilkan pemikiran bersama yang menyatukan gerak bersama dalam mewujudukan program strategis bagi pembangunan di Babel.

“Harapan kita sebagai kepala daerah kabupaten Bangka Selatan rakor ini dapat melahirkan pemikiran yang visioner, sehingga tercapainya gagasan yang baik dan sejalur guna peningkatan realisasi pembangunan program strategis di Babel, khusus nya di Bangka Selatan,” harapnya. (Pra)

About nputralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: