Home / BANGKA BELITUNG / Jama’ah Haji Bangka Barat 2020 akan Terima Subsidi Haji Berupa Indirect Cost

Jama’ah Haji Bangka Barat 2020 akan Terima Subsidi Haji Berupa Indirect Cost

Oleh : Indriani Sari

BANGKA BARAT, LASPELA– Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Bangka Barat, memverifikasi jamaah calon haji tahun 2020 yang akan diberangkatkan ke tanah suci berjumlah 83 jamaah.

Angka ini kata Syarifudin kepala Kantor Kementerian Agama Bangka Barat, bisa berubah dan bertambah.

Selain itu para jamaah juga nantinya, akan mendapatkan pembiayaan subsidi baik dari Provinsi maupun dari Kemenag kabupaten Bangka Barat.

“Subsidi dari provinsi berupa indirec cost artinya berupa anggaran tidak langsung dinikmati oleh Jama’ah bukan menerima uangnya namun fasilitasnya, contohnya ya makan dari keberangkatan di Pangkalpinang sampai embarkasi Palembang” jelas Syarifudin, Kamis (16/1/2020).

Disebutkan juga bahwa Kemenag Bangka Barat juga memberikan bantuan serupa kepada para jama’ah berupa biaya domestik haji yang kalau dibebankan kepada jama’ah dinilai sangat besar biayanya.

“Dari kemenag juga sifatnya indirec cost bukan berupa uang, seperti pembinaan sebelum haji, manasik haji, pemeriksaan geometrik, memfasilitasi jama’ah yang belum membuat paspor. Kalau manasik itu biayanya besar sekali, alhamdulilah disubsidi, manasik di kabupaten kita lakukan 2 kali dan di tingkat kecamatan 8 kali,” ungkapnya.

Kemenag juga merilis hasil kesehatan jamaah yang akan diberangkatkan pada Juli 2020 mendatang, per bulan Oktober lalu keadaannya cukup baik, pihaknya juga kata Syarifudin berharap hasil kesehatan jamaah ini akan terus membaik sampai keberangkatan haji.(is)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish