Home / BANGKA BELITUNG / Hadapi Musim Penghujan, Inilah Himbauan Kapolres Bangka Barat

Hadapi Musim Penghujan, Inilah Himbauan Kapolres Bangka Barat

Oleh : Indriani Sari

BANGKA BARAT, LASPELA– Musim hujan telah tiba, hal yang sangat dikhawatirkan pada musim penghujan adalah banjir. Untuk mengatisipasi hal tersebut, Polres Bangka Barat menghimbau masyarakat untuk Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Awal tahun 2020 diperkirakan sudah memasuki musim penghujan dimana Intensitas curah hujan akan lebih meningkat dan rawan akan terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan A.S, S.H. S.IK, melakukan upaya guna menciptakan situasi aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Bangka Barat, Jum’at, (3/1/2020)

Kapolres juga menyampaikan agar seluruh masyarakat selalu waspada terhadap luapan air sungai apabila air tiba-tiba naik secara drastis terutama pada malam hari, serta menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di sekitar sungai guna mencegah terjadinya penyumbatan oleh sampah.

Himbauan Kapolres tersebut diperuntukkan bagi masyarakat berupa Tips Aman.

“Pertama, jaga lingkungan sekitar, jangan jadikan sungai atau selokan sebagai tempat Pembuangan sampah, kedua lakukan program tebang pilih dan reboisasi, tanam tunas pohon baru setelah menebang pohon berkayu untuk regenerasi hutan. ketiga buat sumur resapan agar air hujan lebih cepat diserap tanah. keempat hindari membangun rumah di pingir sungai yang berpotensi membahayakan pemilik rumah saat debit air melonjak. Kelima rutin membersihkan saluran air, Bersihkan dan perbaiki saluran air secara berkala agar tidak tersumbat,” imbau Kapolres.(is)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: