Home / BANGKA BELITUNG / Atraksi Barongsai Hibur Pengunjung di Tempat Wisata Pantai Tikus Emas Bangka

Atraksi Barongsai Hibur Pengunjung di Tempat Wisata Pantai Tikus Emas Bangka

SUNGAILIAT, LASPELA – Festival barongsai atau lion dance diselenggarakan di Pantai Tikus Emas Sungailiat, Bangka. Kegiatan digelar pada 28 desember 2019, diikuti peserta dan atlet dari berbagai daerah di Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Sebanyak 12 tim barongsai turut meramaikan festival barongsai. Ketua KONI Kabupaten Bangka Mercy Yuda mengatakan atraksi barongsai sangat menghibur masyarakat yang datang berwisata di pantai, khususnya Pantai Tikus Emas Sungailiat ini.

“Jadi saya imbau acara ini bersinergi dengan dinas Dikpora Pariwisata Bangka, sehingga festival barongsai bisa menjadi event agenda dari dinas pariwisata,” ujarnya di Pantai Tikus Emas, Sungailiat, Bangka, Sabtu (29/12/2019).

Dengan begitu lanjut dia KONI nantinya juga bersinergi melakukan lobi-lobi kepada KONI Provinsi. Supaya barongsai ada cabor sendiri, walaupun di luar tidak ada. Tetapi, khusus di Babel cabor ada di bawah naungan KONI.

“Kita tahu festival barongsai, sebagai salah satu penunjang sektor pariwisata di wilayah Kabupaten Bangka. Sekali lagi, kepada semua peserta selamat bertanding, dan jaga sportivitas,” imbuh Mercy.

Pembina Barongsai Bangka Belitung (Babel) sekaligus Anggota DPR RI Bambang Patijaya juga mengemukakan atraksi aksi barongsai ini loncat-loncat, jadi dibutuhkan kekompakan dan ketelitian dalam setiap atraksinya.

“Saya sarankan kepada panitia dan tim panitia barongsai ke depannya, agar melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata. Karena pagelaran barongsai kita ini adalah sport tourism, dilaksanakan di area tempat wisata disaksikan masyarakat banyak. Selain olahraga ini juga merupakan hiburan,” ia menjelaskan.

Bambang juga berharap event semacam ini bisa dilaksanakan di tempat destinasi wisata lain di Kabupaten Bangka, diselenggarakan langsung oleh masyarakat dan untuk masyarakat.

“Harapan saya sering-sering kita laksanakan event ini, sehingga bisa memberikan hiburan manfaat bagi para pengunjung,” paparnya.

Pria yang akrab disapa BPJ itu juga tak memungkiri objek wisata pantai selalu ramai dikunjungi wisawatan yang datang dari berbagai daerah baik lokal maupun domestik.

“Setiap event yang berhubungan pariwisata ditampilkan di pantai pasti menarik wisatawan pengunjung. Sekali lagi saya harap, event lokal positif ini sering-sering diselenggarakan untuk memacu para atlet muda,” pungkas Anggota Komisi VI DPR RI tersebut.(San/Ar)

About winalaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: