Home / BANGKA BELITUNG / Soal Penolakan KIP, Bupati Ogah Memediasi

Soal Penolakan KIP, Bupati Ogah Memediasi

Mulkan : Langsung Saja ke Pemprov

SUNGAILIAT, LASPELA — Bupati Bangka, Mulkan tidak akan melakukan mediasi terhadap warganya yang menolak beroperasinya Kapal Isap Produksi (KIP) di Perairan Pantai Matras. Menurutnya mediasi tersebut harusnya dilakukan di Provinsi Babel yang merupakan leading sektornya.

“Silahkan saja menolak KIP, kita bukan tidak mau mediasi tapi mending langsung ke Provinsi, karena jika kita lakukan mediasi, mereka pasti berharap ada titik temu sedangkan kita bukan pengambil kebijakan disini,” ungkapnya, Jumat (27/12/19).

Menurutnya, pertambangan merupakan wewenang Pemerintah Provinsi dan Pusat sehingga Pemerintah Daerah kabupaten tidak bisa mengambil keputusan.

“Saat ini pertambangan bukan wewenang daerah lagi walaupun lokasi disini karena saat ini pertambangan sudah wewenang provinsi dan pusat apa lagi IUP PT Timah itu pusat,” terangnya.

Mulkan juga mengatakan apabila langsung bertemu dengan pengambil kebijakan tentu hasilnya akan lebih memuaskan.

“Jika memang ada permasalahankan sebaiknya langsung ke tuan rumahnya saja. Jadi biar jelas dan tidak salah informasi,” terangnya.

Meski begitu ia juga berharap agar tidak terjadi gesekan antar masyarakat sehingga menimbulkan keresahan.

“Kita juga harus tetap menjaga kondusifitas karena tentu akan merugikan kita juga kalau terjadi gesekan-gesekan,” tegas Mulkan.(mah)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: