Home / BANGKA BELITUNG / Rapat Perdana Panwascam Bangka Barat Bahas Kinerja

Rapat Perdana Panwascam Bangka Barat Bahas Kinerja

Oleh : Indriani Sari

BANGKA BARAT, LASPELA– Setelah dilantik beberapa waktu yang lalu, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Bangka Barat menggelar rapat perdana bersama Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Barat, Kamis (26/12/2019)

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat, Rio Febri Fahlevi menjelaskan bahwa rapat perdana ini membahas tentang kinerja panwascam setelah dilantik hingga selesai masa kerja.

“Sekretariat itu fix untuk hadir, bukan hanya sekedar komitmen saat wawancara diatas kertas. Semenjak dilantik panwascam sudah bisa bekerja walaupun untuk sementara sekretariatnya belum tersedia namun bisa berkantor di fasilitas pemerintah di kecamatan masing-masing,” ujar Rio.

Rio menjelaskan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) panwascam untuk melakukan sosialisasi serta memperkenalkan diri kepada masyarakat dan stake holder terkait bahwa panwascam sudah ditetapkan dan sudah dilantik berdasarkan surat tugas.

“Sudah ada peer mereka untuk langsung ke stakeholder seperti ke kepolisian dan ke kecamatan memperkenalkan diri siapa ketua dan divisinya apa,” imbuhnya

Rio pun berharap kepada panwascam Kabupaten Bangka Barat untuk tidak menjadikan lembaga ini sebagai lembaga yang ekslusif dan diharapkan pula dapat membantu Bawaslu menyuarakan pesan-pesan kepada pemilih.

“Berharap dapat mensosialisasikan terkait apa yang boleh atau yang tidak boleh. Dimulai dari sekarang pemutakhiran data pemilih. Menyampaikan ke perangkat-perangkat yang ada diwilayahnya seperti RT/RW jika nanti sudah terbentuknya panitia pendaftaran pemilih (pantarlih), masyarakat yang belum terdata untuk aktif melaporkan diri ke pantarlih atau panwascam,” harapnya.

Para Panwascam akan bekerja selama 10 bulan dalam beberapa tahapan pemilukada, Rio juga sangat mengharapkan Panwascam yang sudah dilantik tersebut dapat bekerja secara optimal dan tanpa sengketa.(is)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: