Home / BANGKA BELITUNG / Mengenang Kota Muntok Lewat Pameran Foto Potret Boen Toe

Mengenang Kota Muntok Lewat Pameran Foto Potret Boen Toe

Oleh : Indriani Sari

BANGKA BARAT, LASPELA– Kelenteng Kung fuk Miao melaksanakan kegiatan Pembukaan pameran foto dan kebudayaan bertajuk “potret boen toe”, Kamis (26/12/2019) malam.

Bupati Bangka Barat, Markus SH menyampaikan bahwa maksud dari kalimat potret boen toe adalah foto-foto muntok zaman dahulu kala.

“Muntok atau mentok kalau dialih bahasakan menjadi buntu atau tidak bisa kemana-mana lagi,” ujarnya.

Karena dinilai sukses, maka kegiatan ini dilaksanakan untuk yang kedua kalinya. Markus berharap dengan kegiatan ini akan dapat melihat sisi lain kota Muntok tempo dulu.

“Banyaknya foto-foto dipajang, jadi kita bisa melihat bagaimana kota muntok dulunya, disini banyak peninggalan sejarah seperti menumbing, wisma ranggam, kelenteng kung fuk miau, masjid Jami’, rumah mayor, dan lain sebagainya yang sudah terkenal,” jelas Markus.

Markus juga menyatakan bahwa masyarakat Muntok boleh berbangga karena Muntok sudah ditetapkan sebagai salah satu jaringan kota pusaka Indonesia.

Ia juga berharap pameran ini akan menjadi agenda rutin Pemerintah Kabupaten Bangka Barat setiap tahunnya dan sebagai langkah percepatan membangun museum di Bangka Barat.

“Kedepannya pameran ini diharapkan masuk kedalam kegiatan dinas pariwisata secara rutin, Kami ingin foto-foto yang ada nantinya dipajang di museum milik Pemerintah Kabupaten, Kita akan kelola,” harap Markus.(is)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: