Home / BANGKA BELITUNG / Pemekaran Kelurahan Bentuk Percepatan Pembangunan

Pemekaran Kelurahan Bentuk Percepatan Pembangunan

Oleh : Indriani Sari

BANGKA BARAT, LASPELA- Pemekaran Kelurahan Tanjung menjadi 3 Kelurahan merupakan bentuk respon Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dalam memberikan pelayanan prima dan bentuk percepatan pembangunan.

Kini Kelurahan Tanjung yang berpenduduk 15.372 jiwa akan dibatasi 2 kelurahan baru yakni Kelurahan Keranggan dan Kelurahan Menjelang. Ketiga kelurahan ini masuk dalam Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Peresmian Kelurahan baru dan pelantikan lurah dilaksanakan oleh Bupati Markus, Senin (23/12/2019).

Bupati Markus menyampaikan dalam sambutannya bahwa terbentuknya dua kelurahan ini sudah melalui proses pemenuhan persyaratan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

” Peresmian Kelurahan ini didasari pada Surat Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 125/4996IBAK tentang Kode Wilayah Administrasi Kelurahan Keranggan dan Kelurahan Menjelang,” ujarnya.

Ia pun berharap agar setiap kelurahan dapat mengelola desanya serta pihak kelurahan dapat bekerja maksimal dengan berpedoman kepada peraturan yang berlaku dan segera melakukan penyesuaian.

“Sebagaimana kita pahami bahwa penyelenggaraan Kelurahan yang baru belum dapat berjalan optimal, dimasa transisi ini hendaknya Lurah melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dan Lurah induknya, lakukan penyesuaian secepat mungkin agar roda pemerintahan dapat berjalan normal,” harap Markus.

Dengan tambahan dua kelurahan baru ini, maka Kecamatan Muntok terdiri atas 5 kelurahan yakni Kelurahan Sungai Daeng, Kelurahan Sungai Baru, Kelurahan Tanjung, Kelurahan Keranggan dan Kelurahan Menjelang.(is)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: