Home / BANGKA BELITUNG / Sulitnya Dapatkan Air Bersih, Pemdes Ranggung Bangun Pamsimas

Sulitnya Dapatkan Air Bersih, Pemdes Ranggung Bangun Pamsimas

Oleh: Nopranda Putra

PAYUNG, LASPELA – Kesulitan air bersih di Desa Ranggung, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan saat ini sudah teratasi dengan adanya bantuan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dari Kementerian PUPR RI.

“Rasa terimakasih kami sampaikan kepada KemenPUPR yang telah memberikan bantuan Pamsimas kepada desa kami sehingga warga kami tidak kesulitan lagi mendapatkan air bersih,” kata Kepala Desa Ranggung, Matnur, Kamis (19/12).

Kendati demikian, ia menuturkan bantuan Pamsimas dari KemenPUPR masih dirasakan kurang, mengingat padatnya jumlah penduduk di desa Ranggung.

“Saya berharap KemenPUPR agar bisa membantu dengan menambahkan sumur biar masyaakat bisa lebih menikmati air bersih karena jumlah penduduk begitu banyak sehingga yang telah diberikan bantuan oleh KemenPUPR masih kurang,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia pihaknya mengusulkan kepada dinas terkait agar ada penambahan satu sumur lagi biar masyarakat bisa menikmaati air bersih kedepannya sehingga tercover sesuai dengan jumlah penduduk desa Ranggung. “Kalau bisa diadakan satu atau dua SPAM lagi di desa Ranggung,” tukasnya.

Ia menjelaskan, pembangunan Pamsimas ini menelan anggaran sebesar Rp 350 juta yang bersumber dari Dana Desa sebesar 10 persen, swadaya masyarakat 20 persen dan 70 persennya dari Kementerian PUPR.

“Dari dana desa itu kami kucurkan di tahun 2019 bantuan 10 persen kami anggarkan dari dana desa, 20 persen dari swadaya masyarakat dan 70 persennya dari Kemen PUPR,” jelasnya.

Ia berharap, kalau kegiatan ini bisa dilanjutkan atau dibantukan Pemdes Ranggung akan menganggarkan kembali dari dana desa biar proses pembangunan di desa Ranggung cepat dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Sehingga target pencapaian dapat tercapai 100 persen dan kebutuhan air di desa Ranggung dapat terpenuhi,” harapnya. (Pra)

About nputralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: