Home / BANGKA BELITUNG / Bawaslu Basel Imbau Masyarakat Cerdas Gunakan Medsos Jelang Pilkada Basel

Bawaslu Basel Imbau Masyarakat Cerdas Gunakan Medsos Jelang Pilkada Basel

Oleh: Nopranda Putra
*Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Berbau Negatif

TOBOALI, LASPELA – Bawaslu Bangka Selatan meminta kepada masyarakat Basel untuk cerdas menggunakan smartphone dalam memilih mana berita yang benar dan mana berita bohong yang bisa memicu konflik dan permasalahan jelang Pilkada sampai selesainya Pilkada Basel.

Ketua Bawaslu Basel, Sahirin menyebutkan belajar dari pemilu 2019, belajar dri proses Pilkada di provinsi lain bahwa sekaraang eranya digital yang sangat mudah bagi masyarakat mengakses informasi di medsos yang belum dipastikan kebenarannya.

“Memang dulunya kalau tidak baca koran tidak tahu dunia luar, tapi sekarang media luar, berita luar, isu hingga gosip itu semua sudah ditangan kita masing-masing, ada yang cerdas menerima berita dan ada juga yang menelan mentah-mentah berita tersebut tanpa mencari terlebih dahulu kebenaran berita,” sebutnya.

Untuk itu, saya mengimbau kedepan masyarakat terkait medsos yang belum tentu kebenarannya apalagi akan menghadapi Pilkada ini sensivitasnya dan tekanan agak tinggi.

“Kepada pengguna Medsos untuk tidak membagikan berita yang belum tentu kebenarannya, minimal berita yang agak berbahaya yang bisa menimbulkan potensi konflik cukup habis di android kita jangan kembali dibagikan lagi di medsos,” imbaunya.

Menimal, lanjut dia langkah yang akan dilakukan Bawaslu untuk meminimalisir hal negatif tersebut yakni akan melakukan forum warga ditingkat desa maupun tingkat dusun yang berpotensi menimbulkan konflik.

“Dan kita akan menyampaikan itu bersinergi dengan perangkat desa terkait menjaga stabilitas dan ketertiban kabupaten kita sehingga Pilkada basel berjalan aman dan lancar,” ujarnya. (Pra)

About nputralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: