Home / BANGKA BELITUNG / ASN Diminta Budayakan Pemakaian Dastar

ASN Diminta Budayakan Pemakaian Dastar

Oleh : Dinda Agus Tiantie.

PANGKALPINANG, LASPELA – Dastar atau ikat kepala yang sering digunakan Depati Amir salah satu Pahlawan Nasional asal Bangka Belitung, akan dibudayakan di kota Pangkalpinang.

Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) bahkan menginginkan ASN Pemerintah Kota untuk dapat membudayakan pemakaian Dastar tersebut pada hari-hari tertentu.

“Siapa saja boleh pakai ini, namun terkhususnya ASN Kota Pangkalpinang, pemakaiannya bisa di hari Kamis setiap hari kerja,” Ujar Molen. Kamis (19/12/2019).

Bahkan menurut Molen, dengan membudayakan pemakaian Dastar maka UMKM lokal yang memproduksi Dastar pun akan terhidupkan dan termajukan.

“Bayangkan saja, jika semua ASN dapat menerapkan ini, sudah berapa UMKM yang kita hidupkan, berapa banyak kita memakmurkan mereka, yang nanti juga akan membangkitkan perekonomian kita,” terangnya.

Meski belum ada aturan khusus untuk penggunaan Dastar, namun Molen berharap para ASN dapat menggunakannya dengan kesadaran tinggi bahwa ada satu asesoris pakaian adat tradisional yang perlu dijaga dan dilestariakan.(dnd)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: