Home / BANGKA BELITUNG / Bawaslu Mendengar Jelang Pilkada Basel 2020

Bawaslu Mendengar Jelang Pilkada Basel 2020

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Selatan menggelar sosialisasi guna membangun dan meningkatkan sinergitas kepada elemen masyarakat yang tergabung dalam berbagai organisasi maupun partai politik yang ada di Basel.

Sosialisasi kali ini mengusung tema “Pengawasan dan Bawaslu Mendengar pada Pilkada Basel 2020 di Hotel Grand Marina, Toboali, Selasa (17/12).

Pada kesempatan itu, Ketua Bawaslu Basel, Sahirin mengatakan, kurang dari sepuluh bulan lagi Basel akan melaksanakan Pilkada serentak 2020. Sehingga perlunya peningkatan sinergitas terhadap stakeholder dan seluruh elemen masyarakat guna tercapainya Pilkada yang Jujur, Adil dan Transparan.

“Pemilihan kepala daerah kali ini kami harus turun kebawah untuk memastikan bahwa pelaksanaan pemilihan kepala daerah berjalan lancar tanpa ada gesekan atau gangguan yang bearti,” kata Sahirin.

Ia menyebutkan, Pilkada Basel diharapkan menjadi pilkada yang bersih dari kecurangan. Pemilih memilih berdasarkan visi misi pemimpin sehingga menghasilkan pemimpin yang tidak mementingkan beberapa golongan melainkan mementingkan seluruh masyarakat Basel agar tercapai kemajuan disegala sektor di Basel.

“Pilihlah pemimpin yang adil dan yang memikirkan rakyat, lihat visi misi pemimpin agar tidak menjadi sesal lima tahun kedepan, jadilah pemilih yang cerdas jangan termakan bujuk rayu serta iming-iming yang berbau politik uang,” sebutnya.

Ia juga meminta parpol baik pengusung maupun pendukung bakal calon Bupati dan Wakil Bupati untuk tetap menjaga komunikasi ke Bawaslu sehingga tidak terjadi sesuatu hal yang nantinya melanggar dalam berkampanye.

“Kami juga meminta kepada partai politik untuk berkoordinasi terlebih dahulu jika ada kekurangan atau ada yang ingin ditanyakan.Jangan sampai sudah ada penindakan baru mau berkoordinasi,” pintanya.

Menurut dia, meski memiliki fungsi penindakan, Bawaslu Basel akan terlebih dahulu melakukan komunikasi sehingga pilkada bisa berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan potensi konflik.

Adapun Sosialisasi Bawaslu Basel ini dihadiri oleh tim asestensi Bawaslu RI, Ketua KPU basel, Komisioner Bawaslu basel, Ketua MUI basel, perwakilan ormas Muhammadiyah, NU, Muslimat NU, perwakilan partai politik serta sejumlah tamu undangan lainnya. (Pra)

About nputralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: