Home / BANGKA BELITUNG / Bateng Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Bateng Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Oleh: Jon Piter Wartawan Laspela

KOBA, LASPELA– Kabupaten Bangka Tengah (bateng) mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) untuk penilaian Tahun 2018.

Bupati Bateng, Ibnu Saleh, menerima langsung penghargaan tersebut yang diberikan oleh Menkopolhukam, Prof. Mahfud MD mewakili Presiden RI pada peringatan hari HAM sedunia ke-71, dengan Tema ‘Pelayanan Publik yang Berkeadilan’, di Gedung Merdeka Bandung.

Kabupaten Bateng sudah 5 kali mendapatkan penghargaan tersebut sejak tahun 2014, 2015, 2016, 2017, dan 2018.

Dalam acara tersebut, penyerahan penghargaan tersebut dibagi menjadi 3 (tiga) kategori, yakni kabupaten/ kota peduli HAM, kabupaten/ kota cukup peduli HAM, dan kabupaten/ kota yang belum peduli HAM. Dan Kabupaten Bangka Tengah secara berturut- turut mendapatkan predikat Kabupaten Peduli Ham.

Bupati Bateng, Ibnu Saleh mengucapkan syukur atas diraihnya penghargaan tersebut, dan menurutnya penghargaan tersebut merupakan bentuk komitmen pemda dalam menjunjung tinggi human right.

“Kita ingin daerah kita tetap menjunjung tinggi HAM, kita selalu melakukan hubungan baik dengan semua etnis agama maupun ras yang ada di Bateng,” ungkap Ibnu, Selasa (10/12/2019).

Ibnu menambahkan bahwa pihak Pemkab Bateng selalu melibatkan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) dalam setiap keputusan tentang keagamaan.

“Apabila ada aturan yang menyinggung agama atau kelompok tertentu, kita selalu berdiskusi agar tidak ada yang merasa terkucilkan atau disampingkan, dan saya berharap agar seluruh warga Bateng dapat saling menghargai antar sesama dan tetap kompak sehingga tidak terjadi gesekan antar suku ataupun agama,” kata Ibnu.

Kabupaten Bateng telah memenuhi 7 (tujuh) indikator penilaian kabupaten/ kota peduli HAM, adapun 7 (tujuh) indikator penilaian Kabupaten/ kota peduli HAM yaitu Pemenuhan hak atas pendidikan, kesehatan, perempuan dan anak, kependudukan, perumahan yang layak, pekerjaan, dan lingkungan hidup yang berkelanjutan.(*)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: