Home / BANGKA BELITUNG / Musim Penghujan, Pemkab Bangka Siaga Banjir

Musim Penghujan, Pemkab Bangka Siaga Banjir

SUNGAILIAT, LASPELA — Memasuki musim penghujan khususnya di wilayah Kabupaten Bangka, Pemkab Bangka melakukan berbagai upaya dalam mengantisipasi terhadap banjir.

Salah satunya ialah membersihkan saluran-saluran air yang ada dikawasan pasar impress Sungailiat.

Bupati Bangka Mulkan, mengatakan kini Pemkab Bangka sudah memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang siap siaga dalam menanggulangi bencana.

“Ya kita tetap siaga apalagi kita sudah ada BPBD dan akhir Desember ini kan sudah menjadi OPD sendiri, jadi sampai hari ini kita terus melakukan antisipasi-antisipasi terhadap banjir,” ungkap Mulkan, Sabtu (7/12/19).

Meskipun sudah beberapa hari wilayah di Kabupaten Bangka terus diguyur hujan, namun Mulkan mengatakan belum ada laporan terkait adanya banjir.

“Hari ini belum ada laporan tetapi kemarin ada di daerah kampung jawa sidodadi, dan kami tetap melakukan antisipasi apalagi ini menjelang akhir tahun dan curah hujan pasti tinggi,” terangnya.

Pihaknya juga mengatakan bahwa Pemkab Bangka sudah menganggarkan dana tanggap darurat senilai lima miliar pertahun.

“Setiap tahun kita siapkan dan cukup besar dana untuk tanggap darurat kita mencapai diatas lima miliar, dan gak ada masalah kalau terkait dana-dana tanggap darurat itu,” jelasnya. (mah)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: