Home / BANGKA BELITUNG / Pemprov Babel Siap Mengakomodir Kenaikan Kepesertaan BPJS Kesehatan

Pemprov Babel Siap Mengakomodir Kenaikan Kepesertaan BPJS Kesehatan

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) siap
mengakomodir kenaikan kepesertaan BPJS Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Dengan cara mengakomodir kenaikan BPJS Kesehatan dengan berupaya menganggarkannya di APBD Pemprov Babel,” kata Pj. Sekda Babel, Yulizar saat melakukan pertemuan dengan Forum Kemitraan dan Forum Pemangku Kepentingan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung semester II dengan BPJS Kesehatan Babel di Ruang Romodong Kantor Gubernur Babel, Selasa (03/12/2019).

Dia menyampaikan, pertemuan ini bertujuan untuk jajak pendapat antara Forum Kemitraan dan Forum Pemangku Kepentingan Provinsi Babel dengan BPJS Kesehatan Deputi Wilayah Sumsel Babel.

Lanjut Yulizar, terkait usulan dan dukungan pembentukan Tim Pencegahan dan Penanganan Kecurangan JKN, Pemprov akan sesegera mungkin menyiapkan tim tersebut dan akan segera diselesaikan sehingga bisa mengawal bersama-sama program BPJS Kesehatan yang ada di Babel.

“Dinkes akan menyiapkan tim dan akan segera diselesaikan, agar bisa mengawal bersama – sama nantinya,” ujarnya.

Lanjut Yulizar, terkait dukungan Pemprov lainnya yaitu mendorong Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota untuk menganggarkan penduduk yang terdaftar di pemda. Maka pemprov akan segera menindaklanjutinya.

Sebelumnya, Elsa Novelia Plh Deputi Direksi Wilayah Sumsel Babel dalam paparannya meminta Pemprov Babel untuk membetuk Tim Pencegahan dan Penanganan Kecurangan JKN, dimana unsur timnya yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota, BPJS Kesehatan, Asosiasi Profesi dan unsur terkait lainnya. Hal itu berdasarkan Permenkes No.16 tahun 2019.

“Saya juga meminta dukungan Pemprov untuk mendorong Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota untuk menganggarkan penduduk yang didaftarkan pemda, bagi penduduk yang belum mempunyai JKN-KIS di masing-masing wilayah dan adanya bantuan anggaran provinsi untuk mendukung tercapainya Uhc Kabupaten dan Kota di Babel,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Babel, Mulyono berharap, dengan adanya kenaikan iuran BPJS pelayanan kesehatan kepada masyarakat, pelayanan semakin baik.

Untuk menyamakan data kepesertaan BPJS Kesehatan, Kepala Dinas DP3ACSKB Bebel, Susanti meminta BPJS Kesehatan bekerja sama dengan dinasnya untuk satu data.

Hadir dalam pertemuan tersebut diantaranya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Babel, Kepala Dinas DP3ACSKB Babel, Kemenag Provinsi Babel.(wa)

About winalaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: