Home / BANGKA BELITUNG / Adanya Saham Pemprov ke PT Timah, Gubernur Minta Dukungan Wakil Ketua DPR RI

Adanya Saham Pemprov ke PT Timah, Gubernur Minta Dukungan Wakil Ketua DPR RI

Oleh : Wina Destika

JAKARTA, LASPELA – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, Kamis (5/12/2019) siang, beraudiensi dengan Wakil Ketua DPR RI, Dasco Ahmad di Ruang Wakil Ketua DPR RI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Kepada Dasco Ahmad yang juga didampingi Anggota DPR RI, Habiburokhman, Erzaldi menyampaikan permasalahan komoditi timah di Babel, khususnya berkenaan dengan arus bawah di Bangka Belitung, untuk adanya penyertaan saham dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung ke PT Timah.

“Berkenaan dengan itu, kami minta dukungan dari Wakil Ketua DPR RI, untuk bisa disampaikan kedalam Rapat Paripurna DPR RI, dan juga nanti disampaikan ke Menteri BUMN dan Menteri Keuangan. Sekaligus kita juga berharap adanya penambahan royalti bagi hasil komoditi timah kepada Pemerintah Daerah Bangka Belitung,” ujarnya.

Selama ini, diungkapkan Erzaldi, keberadaan PT Timah yang ada di Bangka Belitung, Pemerintah Daerah bukan tidak mendapatkan hasil, tapi hasilnya itu sangat kecil sekali, baik dari segi royalti maupun pendapatan pajak yang dibagi kepada daerah.

“Dan ini, menjadi pertimbangan kami, mengingat sekarang biaya untuk pembangunan kami di Bangka Belitung, kami merasa sangat kecil sekali, sedang kontribusi Pemda Bangka Belitung terhadap timah ini, sejak dulu sangat besar. “Jadi, kita minta pertimbangan melalui Wakil Ketua DPR RI ini, masalah ini nantinya disampaikan kepada Pemerintah Pusat,” tegas Erzaldi.

Selain itu, ditambahkan Erzaldi juga menyampaikan kepada Wakil ketua DPR RI mengenai melemahnya nilai jual komoditi Lada.

Lada ini, menurut Erzaldi, sangat spesifik di Bangka Belitung, karena di Bangka Belitung lebih banyak menghasilkan Lada dibandingkan dengan Provinsi-provinsi lain di Indonesia.

“Ini juga sangat mempengaruhi penurunan pertumbuhan ekonomi masyarakat kita. Maka kita berusaha bagaimana caranya Pemerintah Pusat ikut membantu dalam rangka peningkatan nilai tambah pada harga jual pada Petani Lada kita ini,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI Dasco Ahmad menyambut baik apa yang menjadi aspirasi Bangka Belitung melalui Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.

“Aspirasi dari bapak Gubernur ini, tentu menjadi catatan bagi saya dan rekan-rekan yang lain di DPR RI untuk disampaikan ke Pemerintah Pusat, terkhusus lembaga terkait yang mengelolaan urusan tersebut,” ucap janji Dasco.rill/(wa)

About winalaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: