Home / BANGKA BELITUNG / Erzaldi Rencanakan Bangun Jalur Khusus Sepeda di Sepanjang Jalan Jembatan Emas Sampai Puri Tri Agung

Erzaldi Rencanakan Bangun Jalur Khusus Sepeda di Sepanjang Jalan Jembatan Emas Sampai Puri Tri Agung

Oleh : Wina Destika

DESA REBO, LASPELA – Dalam rangka mendukung pengembangan Pariwisata di Bangka Belitung, khususnya di kawasan Jalan Lintas Timur (Lintim) mulai dari Jembatan Emas hingga Puri Agung di Sungailiat, Kabupaten Bangka, maka Gubernur Babel merencanakan membangun jalur khusus sepeda.

Lebar jalan itu, dikatakan Gubernur Babel Erzaldi Rosman, saat membuka Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai di Pantai Takari, Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu (30/11/2019), sekitar 2,5 sampai 3 meter.

Disisi jalur sepeda itu juga, dijelaskan Gubernur, akan ada aliran sungai, sehingga motor tidak bisa masuk ke lajur khusus sepeda tersebut.

Konsep orang nomor satu di Bangka Belitung itu, kepada para pihak yang telah mendapatkan izin penggunaan kawasan hutan di sepanjang Jalan Lingkar Timur, terhitung dari Jembatan Emas hingga ke Puri Agung, jalan khusus sepeda itu, nantinya harus dimasukkan kedalam rencana kerja masing-masing pengguna kawasan hutan, dengan jarak dari bibir pantai ke jalur sepeda kurang lebih 75 cm.

Kepada Kepala Dinas Kehutanan Babel, Gubernur telah meminta untuk segera dibuatkan master plan khusus jalur sepeda tersebut. Sehingga, menurut dia, apapun rencana mereka (pengguna kawasan hutan-red) prinsipnya mengikuti perencanaan jalur sepeda.

“Kawasan Pantai Timur Bangka ini, menjadi kawasan wisata khususnya bagi kelompok-kelompok yang suka sepeda,” tambah Erzaldi.rill/(wa)

About winalaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish