Home / BANGKA BELITUNG / Minimalisir Kebakaran, Pemkab Bangka Gelar Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran

Minimalisir Kebakaran, Pemkab Bangka Gelar Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran

SUNGAILIAT, LASPELA — Sebanyak 60 warga dari perwakilan seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka mengikuti sosialisasi dan pelatihan penanggulangan kebakaran yang diselenggarakan oleh Pemkab Bangka, Selasa (26/11/19).

Kegiatan tersebut akan digelar selama dua hari dimana hari pertama untuk teori dan hari kedua untuk melakukan simulasi atau praktek. Kegiatan ini mendatangkan pemateri dari Satpol PP Bangka dan juga petugas Damkar dari Kabupaten Bangka tengah.

Wakil Bupati Bangka, Syahbudin saat membuka pelatihan tersebut berharap agar para peserta bisa untuk membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan kebakaran hutan.

“Dengan adanya para peserta ini kita harap nanti bisa membantu mensosialisasikan kepada masyarakat lain untuk tidak melakukan pembakaran hutan, jika terjadi kebakaran juga bisa mengambil tindakan agar bisa membantu melakukan pemadaman api,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan para peserta diharapkan bisa meminimalisir terjadinya kebakaran baik di pemukiman warga atau pun hutan yang mana banyak terjadi di kabupaten bangka beberapa bulan lalu.

“Beberapa waktu lalu banyak terjadi kebakaran di daerah kita baik hutan ataupun rumah karena memang saat itu musim kemarau panjang,” tambahnya.

Syahbudin juga agar kegiatan tersebut dapat berlangsung dengan baik dan bisa diterapkan oleh para peserta di lapangan nantinya.

“Jadi jika terjadi kebakaran di daerah yang jauh, para peserta ini bisa lebih dulu mengambil tindakan agar tidak meluas sebelum petugas kebakaran kita sampai ke lokasi karena akses ke desa-desa kita ini cukup jauh,” terangnya. (mah)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish