Home / BANGKA BELITUNG / Antisipasi Banjir, Syahbudin Imbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Antisipasi Banjir, Syahbudin Imbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

SUNGAILIAT, LASPELA — Wakil Bupati Bangka, Syahbudin mengimbau kepada masyarakat khususnya diwilayah Kabupaten Bangka untuk menjaga kebersihan lingkungannya, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi banjir yang terjadi dibeberapa titik langganan banjir diwilayah Kabupaten Bangka, seperti ujung Kenanga, Kayu Besi, Simpang Salak serta desa lumut Belinyu.

“Antisipasi kita pertama menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. Kita juga melakukan normalisasi sungai yang selama ini kurang baik,” ungkap wakil bupati bangka, Syahbudin, Selasa (26/11/19).

Menurutnya beberapa daerah di kabupaten bangka memang selalu menjadi langganan banjir karena berada di dataran rendah.

“Rata-rata yang banjir ini daerah dataran rendah seperti Simpang Salak, disana ada aliran sungai dan kalau pas hujan serta air pasang bisa tergenang,” terangnya.

Selain itu ia juga mengatakan salah satu yang menjadi penyebab banjir ialah adanya tambang ilegal.

“Limbah dari tambang ini menahan aliran sungai sehingga air hujan yang seharusnya langsung ke laut jadi tertahan, ini yang bisa menyebabkan banjir,” tambah Syahbudin.

Sebagai salah satu cara mengajak masyarakatnya dalam menjaga kebersihan lingkungan, pihaknya juga rutin melaksanakan kegiatan jumat bersih yang diikuti oleh seluruh OPD dilingkungan Pemkab Bangka.

“Setiap jumat kita selalu mengadakan Jumat bersih sebagai salah satu cara meminimalisir adanya banjir, jika selokan kita bersih dari sampah, air yang mengalir juga akan lancar,” terangnya.

Memasuki musim penghujan ini, Ia berharap tidak ada kejadian ataupun musibah banjir yang terjadi di kabupaten bangka.

“Mudah-mudahan saja tidak ada lagi banjir di daerah kita ini,” harapnya.(mah)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish