Home / BANGKA BELITUNG / Thomas Jusman : Jumlah Investor di BEI Perwakilan Babel Sebanyak 5.007

Thomas Jusman : Jumlah Investor di BEI Perwakilan Babel Sebanyak 5.007

*Kadin Babel Mencatat BEI untuk IHSG Tertinggi Sepanjang Sejarah pada Level 6,689.287 Point

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Ketua Umum Kadin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ir Thomas Jusman MM memberikan apresiasi kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah menggandeng Kadin Babel.

“Saya menilai ini merupakan langkah yang tepat dengan BEI menggandeng Kadin Babel dalam sosialisasi dan edukasi terkait Workshop Go Public ini, baik bagi para Investor maupun perusahaan yang ingin mendapatkan pembiayaan melalui BEI,” kata Thomas dalam sambutannya saat menghadiri sekaligus membuka kegiatan Workshop Go Public bertajuk Peluang Pendanaan Perusahaan Menuju Pertumbuhan yang Optimal Melalui Pasar Modal Indonesia, yang berlangsung di Novotel Hotel, Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (14/11/2019).

Lanjut Thomas, selama tiga tahun berkiprah, setelah Peresmian BEI Perwakilan Bangka Belitung pada 24 Oktober 2016, telah tercatat berbagai kemajuan yang signifikan bagi BEI Babel maupun bagi perusahaan yang memanfaatkan pendanaan melalui BEI.

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun buat BEI Babel yang telah mendekati para pengusaha se Babel dan memberi kesempatan serta mendorong memanfaatkan dana investor melalui saham BEI,” ucapnya.

Dikatakan Thomas, Kadin Babel mencatat berbagai kiprah yang telah dicapai, dimana ada beberapa Sekuritas yang berada di BEI Perwakilan Babel, diantaranya IndoPremier Sekuritas, RHB Sekuritas, MNC Sekuritas, Maybank Kim Eng Sekuritas, serta Phintraco Sekuritas.

“Sedangkan untuk galeri investasi di BEI Babel yang diadakan di universitas yang ada di Bangka diantaranya, STIE IBEK Pangkalpinang, Universitas Bangka Belitung (UBB), STMIK ATMA LUHUR Pangkalpinang, STIE PERTIBA Pangkalpinang, Akademi Manajemen Belitung,” ucapnya.

“Dan untuk galeri investasi Syariah BEI Bangka Belitung yaitu di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik. Jadi kalau kita lihat ini kemajuan kiprah dari BEI Perwakilan Babel menunjukkan bahwa indikasi keterbukaan Babel terhadap pembiayaan perusahaan melalui Pasar Modal Indonesia di satu sisi dan di sisi lain, masyarakat mulai terbuka dalam menginvestasikan dananya,” tambah Thomas.

Selain itu, disebutkan Thomas bahwa Kadin Babel juga mencatat untuk jumlah Investor di BEI Perwakilan Babel sebanyak 5.007 Investor dengan nilai Emiten BEI sebesar 657 Emiten.

“Jumlah Emiten ini terdiri dari 9 sektor yakni sektor Pertanian, Pertambangan, Industri Dasar dan Kimia, Aneka Industri
Industri Barang Konsumsi Property, Real Astate dan Kontruksi Bangunan
Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi
Finansial, Perdagangan dan Jasa Investasi,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, seiring berkembangnya usaha dalam pengembangan Pasar Modal, BEI secara terus menerus melakukan upaya sosialisasi dan edukasi masyarakat dengan tujuan meningkatkan pemahaman tentang dunia pasar modal melalui program yang dilakukan secara terpadu dan terarah.

“Dan kita juga mencatat bahwa BEI untuk IHSG tertinggi sepanjang sejarah, tercatat pada level 6,689.287 point, yang terjadi pada tanggal 19 Februari 2018,” tuturnya.

Thomas juga menambahkan, saham (stock) merupakan salah satu instrumen pasar keuangan yang paling popular. Dan menerbitkan saham merupakan salah satu pilihan perusahaan ketika memutuskan untuk pendanaan perusahaan.

“Pada sisi yang lain, saham juga merupakan instrument investasi yang banyak dipilih para investor karena saham mampu memberikan tingkat keuntungan yang menarik,” imbuhnya.

Lanjut Thomas, Saham dapat didefinisikan sebagai tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan menyertakan modal tersebut, maka pihak tersebut memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas asset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

“Melalui Go Public Workshop, kita para Pengusaha maupun Investor di Babel akan memahami benefit pemilik dana dan perusahaan yang didanai.
Pada dasarnya, ada dua keuntungan yang diperoleh investor dengan membeli atau memiliki saham yaitu deviden dan capital gain,” tutupnya.(wa)

About winalaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish