Home / BANGKA BELITUNG / Tingkatkan Pelayanan Pelajar, 14 Bus Sekolah Disiapkan Pemkab Basel

Tingkatkan Pelayanan Pelajar, 14 Bus Sekolah Disiapkan Pemkab Basel

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Dinas Pekerjaan Umum, Penata Ruang dan Perhubungan (DPUPRHub) Kabupaten Bangka Selatan menyiapkan 14 bus sekolah untuk menunjang pelajar di Bangka Selatan untuk mengangkut ke Sekolah-sekolah yang ada di Bangka Selatan.

Kabid Perhubungan Darat, Khairul mengatakan Bus sekolah ini diperuntukkan mengangkut para pelajar dari tingkat SMP sampai SMA di setiap kecamatan ke setiap sekolah tujuan, tanpa dipungut biaya alias gratis.

Ia menyebutkan jika program bus sekolah gratis ini sudah dilaksanakan sejak 2013 lalu.

Hingga saat ini telah memiliki total 14 armada bus sekolah. Sedangkan untuk biaya operasional, ia menuturkan telah dianggarkan oleh Pemkab Basel.

“Dari tahun 2013, bus sekolah di Basel khususnya dioperasikan secara bertahap, lalu tahun-tahun selanjutnya kita anggarkan hingga sekarang menjadi 13 armada, satu armada bantuan dari Kementerian Perhubungan,” tutur Khairul kepada wartawan, Jumat (08/11).

Ia menjelaskan, saat ini bus sekolah yang ada sudah menyanggupi mengantar pelajar dari mulai pergi sampai pulang sekolah dengan masing-masing rute di setiap kecamatannya.

“Khusus di Pulau Lepar sendiri kita ada dua armada bus sekolah di sana, jadi bus sekolah saat ini sudah merata di setiap kecamatan di Bangka Selatan,” kata Khairul.

Kendati demikian, Khairul mengaku jumlah bus sekolah tersebut masih sangat kurang, mengingat minat pelajar untuk naik bus cukup tinggi.

“Faktor jarak sekolah dengan desa sangat jauh, apalagi sampai ke pelosok desa, dikatakan masih kekurangan armada, karena kuota penumpangnya banyak,” ungkap Khairul.

Untuk tahun 2020 mendatang, Dinas Perhubungan Bangka Selatan akan berkoordinasi untuk penganggaran penambahan armada bus khusus di desa yang jarak tempuh ke sekolah yang cukup jauh. (Pra)

About nputralaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish