BPBD Babel akan Tanam 34 Jenis Pohon Endemik Indonesia, Mikron : Pohon Endemik Asli Babel yang akan Ditanam Adalah Pohon Puren

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menanam 34 jenis pohon endemik Indonesia di Kelekak Nusantara Bukit Mangkol, sebagai rangkaian kegiatan bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Nasional 2019 yang akan digelar pada 11-13 Oktober 2019 mendatang.

“Kami bersama Pemkab Bangka Tengah telah mempersiapkan 5.000 lubang dan pupuk untuk penanaman 34 jenis pohon endemik Indonesia ini,” kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa kepada negerilaskarpelangi.com saat ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (8/9/2019).

Ia mengatakan penanaman 34 pohon endemik Indonesia ini akan dilakukan pada puncak kegiatan Pengurangan Resiko Bencana Nasional pada 11 hingga 13 Oktober 2019. Seluruh peserta dari 34 provinsi akan membawa dan menanam pohon endemik daerahnya di Kelekak atau Kebun Nusantara Bukit Mangkol, Kabupaten Bangka Tengah.

“Kami bersama pemkab juga telah mempersiapkan sumber daya manusia untuk merawat tanaman endemik Indonesia tersebut, seperti emboni, metoa, sagu dan lainnya,” ujarnya.

Menurut dia penanaman pohon endemik Indonesia di Kelekak Nusantara ini sebagai bentuk wadah pelestarian lingkungan, ekosistem, mencegah bencana, serangan hama tanaman pertanian dan lainnya.

“Dengan adanya peluncuran Kelekak Nusantara ini nantinya hama tanaman pertanian seperti padi akan berkurang, karena tikus dan hama lainnya akan mencari makanan atau bersarang di dalam hutan Kelekak ini,” ucapnya.

“Biasanya kita lakukan penanaman pohon di pantai, tapi PRB ini kita pilih menanam pohon endemik di Bukit Mangkol. Salah satu pohon endemik asli Babel yang akan kita tanam adalah pohon puren,” lanjut Mikron.

Ia menambahkan, penanaman pohon dilakukan di Bukit Mangkol untuk mengembalikan kondisi hutan Bukit Mangkol yang rusak. Kemudian untuk mengembalikan kondisi hutan di Bukit Mangkol ke kondisi semula. Menjadi hutan wisata yang memiliki pohon endemik.

“Tentu harapan kita Bukit Mangkol yang rusak ini menjadi lebih baik. Selain melakukan penghijauan juga untuk mencegah dari resiko tanah longsor,” tutupnya.(wa)