Home / BANGKA BELITUNG / Mamalia Seberat 1 Ton Terdampar di Perairan Batu Kodok Toboali

Mamalia Seberat 1 Ton Terdampar di Perairan Batu Kodok Toboali

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Seekor hewan mamalia yang dilindungi berjenis Hiu Paus Macan dengan berat diperkirakan 1 ton ditemukan terdampar oleh Nelayan Tanjung Ketapang Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan (Basel) saat pergi melaut di Perairan Batu Kodok, Rabu (30/10) pagi.

Kapolsek Toboali, IPTU Yandri C Akip di Toboali, Rabu membenarkan bahwa ada warga yang menemukan hiu paus tertangkap di sekitar perairan pantai Batu Kodok Kecamatan Toboali.

“Hiu jenis ini dilindungi dan untuk menjaga kelestariannya warga menarik ikan tersebut ke tengah laut dengan menggunakan kapal untuk dilepaskan,” katanya.

Sementara itu, Lurah Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Fandi membenarkan dengan adanya penemua hiu paus yan terdampar oleh nelayan yang hendak melaut pada, subuh tadi.

“Benar pak, nelayan terdampar di pantai Batu Kodok. informasi yang kami terima ikan tersebut terkena jaring nelayan sekitar subuh tadi dan di bawa ke pinggir laut,” ujarnya.

Untuk menjaga kelestarian Hiu pemakan plankton yang merupakan spesies ikan terbesar itu di bawa ke laut untuk diselamatkan, karena kondisi ikan tersebut dalam keadaan lemah, sehingga bergerak cepat untuk melepas liarkannya.

“Ikan ini termasuk spesies yang dilindungi, untuk menjaga kelestariannya warga membawa ikan tersebut kelaut untuk dilepasliarkan,” sebutnya. (Pra)

About nputralaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish