Home / BANGKA BELITUNG / Dorong Produknya Mendunia, Sandiaga Uno Ajak Pelaku UKM Ikut Gerakan OK OCE

Dorong Produknya Mendunia, Sandiaga Uno Ajak Pelaku UKM Ikut Gerakan OK OCE

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Founder OK OCE Sandiaga Uno memberi mendorong kepada pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) mengikuti program dan gerakan OK OCE, guna mengembangkan produknya hingga mendunia.

“Setelah diterapkan di DKI Jakarta, Babel menjadi provinsi pertama yang menandatangani kerjasama program dan gerakan OK OCE bagi para pelaku UKM,” kata Sandi saat menjadi pemateri dalam Seninar Kewirausahaan UKM di rumah dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, Senin (21/10/2019).

Sandi mengatakan, sejak 2018 hingga saat ini program OK OCE sudah diterapkan di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan terbukti memberi dampak yang baik bagi para pelaku UKM.

“Dimana tercatat angka pengangguran dan kemiskinan turun serta tumbuh dan berkembang angka pengurusan izin usaha,” ujarnya.

Lanjut Sandi, melalui program OK OCE pihaknya mendorong pelaku UKM agar terus berkembang dan mampu memasarkan produknya hingga mendunia, sehingga berdampak pada menurunnya angka pengangguran dan kemiskinan di daerah.

“Melalui gerakan OK OCE para pelaku UKM berjejaring, seperti di Jakarta, gerakan OK OCE mampu menurunkan 2.000 angka pengangguran, angka kemiskinan menurun dibawah satu persen dan pengurusan izin UKM terus tumbuh dan berkembang,” ucapnya.

Selain itu, dijelaskan Sandi, program OK OCE, pihaknya juga menyiapkan rumah siap kerja untuk memberi informasi terkini bagi anak muda yang ingin mengakses pekerjaan, karena tercatat lulusan SMK bangak yang menjadi pengangguran.

“Sebanyak 30 rumah siap kerja akan mulai diluncurkan tahun 2020 di beberapa provinsi termasuk Kepulauan Bangka Belitung. selain itu, rumah kemasan juga akan kita buat untuk memberi beragam kemudahan bagi para pelaku UKM,” tuturnya.

Ia menambahkan, gerakan OK OCE ini mengadopsi gerakan lapangan kerja yang dimulai dari membuka pendaftaran bagi para pelaku UKM untuk bergabung, memberi mereka pelatihan, pendampingan dan perizinan usaha seperti sertifikat hak dan PIRT. “Dan membantu pemasaran produknya hingga keluar dan memperhatikan pelaporan usahanya agar mereka UKM patuh terhadap pajak,” tutupnya.(wa)

About winalaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish