Home / BANGKA BELITUNG / Bupati Belitung Dukung Wacana Penyederhanaan Birokrasi

Bupati Belitung Dukung Wacana Penyederhanaan Birokrasi

Oleh: Andini Dwi Hasanah

TANJUNGPANDAN, LASPELA– Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahani Saleh mendukung wacana penyederhanaan birokrasi seperti yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Penyederhanaan tersebut akan mengurangi jumlah permasalahan-permasalahan birokrasi yang ada di daerah seperti perihal pengajuan perizinan pembangunan,” katanya di Tanjung Pandan, Senin, (19/10/2019)

Ia juga sependapat, dengan rencana Presiden Joko Widodo untuk memangkas regulasi yang dinilai panjang dan berbelit, sehingga dapat menghambat masuk dan berjalannya investasi.

“Walaupun perizinan sekarang sudah melalui sistem “online” tetapi aspek lainnya masih tetap membutuhkan persyaratan administrasi – administrasi yang terkadang panjang,” ujarnya.

Ia menilai, penyederhanaan birokrasi tersebut sejalan dengan visi Jokowi – Ma’ruf Amin lainnya yakni menyederhanakan jenjang kepangkatan atau eselonisasi di lingkungan ASN, menjadi dua level berdasarkan kompetensi dan keahlian.

“Saya sependapat agar dua level saja dan bisa lebih fokus kepada jabatan fungsional. Karena jabatan struktural atau eselonisasi sebenarnya memperpanjang birokrasi itu sendiri,” katanya.

Menurutnya, dengan terwujudnya wacana tersebut maka nantinya akan menghasilkan kualitas ASN yang berorientasi kepada kinerja dan menghasilkan prestasi-prestasi.

“Wacana tersebut juga akan mewujudkan pemerintahan yang bersih bebas pungli dan jual beli jabatan,” katanya. (din)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish