banner 728x90

Suriyanto : Masyarakat Harus Terapkan Pola Hidup Sehat

banner 468x60
FacebookTwitterWhatsAppLine

Oleh : Dinda Agus Tiantie.

PANGKALPINANG, LASPELA – Menerapkan pola hidup sehat bagi masyarakat sangat diharapkan Suriyanto Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan kota Pangkalpinang.

banner 325x300

Hal ini dituturkannya kepada seluruh RT/RW sekecamatan Girimaya dalam Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat kepada RT/RW, Kamis (17/10/2019).

“Terapkan semua Pola hidup sehat, kita harus menerapkan program Pemerintah Gerakan Masyarakat Sehat atau Germas,” tuturnya.

Menurut Suriyanto ada 4 dasar penerapan hidup sehat. Pertama ialah kepedulian dalam kebersihan lingkungan hidup.

“Jangan nanti lingkungan hidup kita itu kotor, dan membuat sarang-sarang nyamuk, dan bekas botol-botol terbuka sehingga wilayah kita berpeluang terjadinya demam berdarah, ini tolong untuk dikondisikan,” terangnya.

Kedua ialah bagi Perokok dilarang merokok didalam rumah. “Terlebih jika merokok didepan anak, yang dimana jelas sangat merugikan kesehatan anak maupaun keluarga dirumah, perokok pasif mempunyai potensi kesehatan buruk dibandingkan perokok aktif,” lanjutnya.

Pola makan pun tidak terlepas dari penerapan pola hidup sehat, Suriyanto mengatakan masyarakat jangan terlalu sering dalam mengkonsumsi mie instan, terlebih pada anak-anak.

“Satu bungkus mie instan akan dicerna lebih dari tiga hari didalam sistem pencernaan kita, bagaimana jika setiap hari kita mengkonsumsi mie instan secara intens, terlebih pada anak-anak, anak-anak kita harus sehat kita pun harus sehat,” katanya.

Memakan sayuran dan buah-buahan menjadikan hal yang wajib untuk dikonsumsi setiap harinya.

Dan terakhir, kata Suriyanto ialah berolahraga minimal 30 menit dalam sehari, olahraga menurutnya efektif dalam menjaga kesehatan. “Walaupun hanya berjalan-jalan saja selama 30 menit,” katanya. (dnd)

banner 325x300
banner 728x90
Exit mobile version