Home / BANGKA BELITUNG / Tak Ingin Kalah, Hkm Juru Sebrang Terus Persiapkan Diri Di Ajang ISTA

Tak Ingin Kalah, Hkm Juru Sebrang Terus Persiapkan Diri Di Ajang ISTA

Oleh: Andini Dwi Hasanah

TANJUNGPANDAN, LASPELA– Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto mengatakan Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA) juga sedang dikembangkan untuk Hkm Juru Sebrang Bersatu, Gusong Bugis.

Hal ini diungkpkan Hermanto, bahwa tahun lalu Hkm Juru Sebrang Bersatu, Gusong Bugis juga sudah di ajukan dalam event Tourism Awards (ISTA).

“Karna tidak semunya masuk, tapi kemarin kita mengajukan empat yaitu, bukit Peramun, Pulau Lebong, Hkm Juru Sebrang, same Desa Terong, tapi hanya masuk dua nominasi kita, Lebong dengan bukit peramun,” ucap Hermanto saat ditemui Laspela, Minggu(13/10/2019)

Namun menurutnya, dengan bukit peramun mendapatkan penghargaan green gold Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA) setidaknya Belitung sudah mempunyai interferensi.

“Nah ini bagi Hkm yang lain bisa menjadi gambaran lah tentang bagimana untuk memproleh penghargaan ISTA itu,” katanya.

Selanjutnya Hermanto mengatakan, bukan tidak mungkin tahun berikutnya Hkm Juru Sebrang Bersatu yang akan memproleh penghargaan dari ISTA tersebut.

“Kalo kemarin kita unggul utamanya di kelestarian lingkungan, sama juga seperti ini, saya pikir kita bisa menunjukan bahwa Belitung memang bisa melestarikan lingkungan, yang dulunya dari tambang timah sudah menjadi kelestarian lingkungan, itu nilai jual yang sangat luar biasa,” tuturnya.

Nantinya di katakan Hermanto, nama-nama pohon mangrove yang ada di Hkm Juru Sebrang, Gusong Bugis itu akan di adakan pendataan nama-nama tanaman berdasarkan spesies.

“Saya pikir bukit peramun sudah cukup bagus mereka, artinya dalam hal ini history mereka ini sudah sangat bagus, ini sudah mengubah mainsead kita itu berubah menjadi mengelola lingkungan juga menjadi nilai tambah ekonomi bagi kita,” jelas Hermanto. (din)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish