Home / BANGKA BELITUNG / Pertahankan Predikat WTP, Pemkab Bangka Belajar ke Kabupaten Sleman

Pertahankan Predikat WTP, Pemkab Bangka Belajar ke Kabupaten Sleman

SLEMAN, LASPELA — Pemerintah kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyajarta dipilih Pemkab Bangka sebagai tempat belajar bagaimana mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian terkait pengelolaan keuangan daerah.

Pemerintah Kabupaten Sleman diketahui sudah delapan kali berturut-turut mendapatkan opini WTP.

Kegiatan belajar yang diberi nama Studi tiru ini dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Sleman pada Jumat 11 Oktober 2019. Rombongan disambut langsung oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo beserta sekda dan beberapa kepala OPD.

Bupati Bangka, Mulkan yang memimpin rombongan, mengatakan saat ini Pemkab Bangka sudah mendapatkan WTP dan terus berusaha mempertahankan opini dari BPK RI tersebut.

“Kita ingin belajar sama mereka (kabupaten Sleman) dan mencari kiat-kiatnya agar dapat mempertahankan WTP ini, seolah-olah mereka sudah biasa, sementara apa yang disampaikan pak inspektorat kita tadi (saat pertemuan) kita masih deg-degan,” ungkapnya.

Menurutnya, masih ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh Pemkab Bangka yakni menjalankan dengan baik e-planning, e-budgeting dan e-monev.

“Yang perlu kita lakukan ini yang pertama e-planning kita, e-budgeting dan e-monev, jika ketiganya sudah kita lakukan dengan baik, maka tidak akan ada lagi keragu-raguan kita nanti,” terang Mulkan.

Selain itu, pihaknya juga akan belajar dan meniru program yang telah dilakukan oleh Kabupaten Sleman lainnya seperti sektor ekonomi, sosial, pariwisata serta tata kelola pemerintahan (SAKIP).

“Kita sengaja memilih Sleman ini karena memang mereka sudah berhasil meraih berbagai penghargaan secara nasional bahkan SAKIP mereka sudah mendapat predikat A,” tambahnya.

Mulkan mengakui bahwa masih ada evaluasi dan pencapaian program yang belum tercapai selama satu tahun kepemimpinannya, sehingga perlu melihat daerah lain dalam menjalankan program daerah.

Sementara itu Bupati Sleman, Sri Purnomo menyambut baik kedatangan Bupati Bangka beserta rombongan dan memberikan beberapa masukan untuk membangun daerah.

“WTP delapan kali berturut-turut yang kami dapatkan ini tidak lepas dari kerjasama tiap OPD yang menjalan program-programnya,” ungkap Bupati Sleman.(*)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish