Home / BANGKA BELITUNG / Pemprov Babel Gelar Shalat Istisqo

Pemprov Babel Gelar Shalat Istisqo

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Gubenur bersama ribuan Pegawai di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, Senin (23/9/2019) pagi, melaksanakan Shalat Istisqo (Minta Hujan).

Danrem dan Forkopimda lainnya, serta masyarakat sekitar Komplek Perkantoran Terpadu Pemprov Babel juga turut serta dalam sholat yang dipusatkan di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Babel, Air Itam Pangkalpinang itu.

Sholat Istisqo yang dimulai pada pukul 07.30 Wib itu, diimami oleh Ustadz Syaiful Zuhri Ketua MUI Bangka, dan bertindak sebagai khotib Sekretaris MUI Babel, Ustadz Ahmad Luthfi.

“Mudah-mudahan dengan melaksanakan sholat ini, Allah SWT mengabulkan do’a kita, dan hujan bisa segera turun. Dengan hujan tersebut, dapat menghentikan bencana akibat kemarau, seperti kekeringan, kabut asap, kebakaran hutan dan lahan, khususnya yang terjadi di daerah ini,serta daerah lain di Indonesia pada umumnya,” ungkap Erzaldi.

Sholat Minta Hujan ini, ditambahkan Erzaldi, dianjurkan dalam ajaran islam, untuk dilaksanakan ketika kekeringan sudah sangat parah dan panjang. “Semoga Allah SWT mengabulkan doa kita dan diturunkan hujan. Insya Allah kabut asap akan hilang dan lahan pertanian kita dapat terairi, sehingga menghasilkan hasil pertanian yang baik,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris MUI Babel, Ustadz Ahmad Luthfi dalam khotbahnya menyampaikan, sebagaimana telah dirasakan bersama bila musim panas dan kekeringan ini terus berkepanjangan, akan membawa dampak suhu bertambah naik dan bumi akan menjadi kering, tandus serta kebakaran hutan terjadi di mana – mana.

Kemudian, kata dia, ekosistem menjadi rusak, dan penyakit pernafasan akan bertambah dan dikhawatirkan meningkat pada anak – anak, yang akhirnya melemahkan generasi yang akan datang.

“Oleh sebab itu, marilah kita tiada kata yang tepat selain bertobat dan memperbaiki diri, sehingga dengan demikian Allah STW melimpahkan rahmatnya kepada kita, dan segera mengirim dan menurunkan hujan kepada kita,” kata Ustadz Ahmad Luthfi.

*Langsung Turun Hujan

Sekira satu jam lebih usai pelaksanaan Sholat Istisqo berjemaah di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Babel, atau lebih kurang pukul 10.30 Wib, hujan pun turun dan membasahi komplek Perkantoran Pemprov Babel, dan sebagian wilayah Kota Pangkalpinang.

Meskipun hujan yang turun tidak begitu deras, namun Pegawai pemprov yang telah turut serta dalam sholat istisqo mengucapkan syukur alhamdulillah.

“Alhamdulillah… Allah SWT telah mengabulkan do’a kita yang meminta agar hujan segera diturunkan melalui sholat istisqo tadi. Kita berharap, Allah SWT kembali menurunkan hujan yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat manusia dan makhluk hidup lainnya,” ucap Irwanto, Kabag Humas Provinsi Babel.rill/(wa)

About winalaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish